Apa yang dimaksud dengan makna dan tujuan hidup?

makna hidup

The meaning of life is to find your gift. The purpose of life is to give it away.- William Skakespeare Anda hidup untuk mencari kelebihan dan kekuatan anda. Dan tujuan hidup anda adalah menggunakan semua itu untuk kebaikan bersama.

Apa yang dimaksud dengan makna dan tujuan hidup ?

Makna hidup merupakan sesuatu yang unik dan khusus, artinya, dia hanya bisa dipenuhi oleh yang bersangkutan; hanya dengan cara itulah dia bisa memiliki arti yang bisa memuaskan keinginan orang tersebut untuk mencari makna hidup. Manusia bisa hidup bahkan mati demi meraih impian dan nilai-nilai hidupnya (Frankl, 2004).

Dalam kamus psikologi, makna (meaning) dalam James P Chaplin (2006) mempunyai arti:

  1. Sesuatu yang dimaksudkan atau diharapkan,
  2. Sesuatu yang menunjukkan satu istilah atau simbol tertentu.

Dengan demikian makna hidup adalah sesuatu yang dimaksudkan atau diharapkan dalam hidup yang menunjukan satu istilah atau simbol tertentu dalam hidup .

Menurut Ancok kehidupan bermakna akan dimiliki seseorang apabila dia mengetahui apa makna dari sebuah pilihan hidupnya. Makna hidup adalah hal-hal yang memberikan arti khusus bagi seseorang apabila berhasil dipenuhi akan menyebabkan kehidupannya dirasakan berarti dan berharga, sehingga akan menimbulkan penghayatan kehidupan.

Menurut Paloutzian, perasaan keagamaan yang matang akan membantu individu memuaskan “keinginan akan makna” dengan mengambil ajaran agama yang diterapkan dalam seluruh aspek kehidupannya.

Berikut adalah definisi makna hidup menurut ahli psikologi adalah sebagai berikut :

  • Makna hidup adalah seluruh keyakinan dan cita-cita paling mulia yang seseorang miliki. Dengan keyakinan itu pula, seseorang dapat menjalankan misi kehidupan melalui sikap dan perilaku yang bertanggung jawab dan berbudi luhur. Toto Tasmara (2001)

  • Makna hidup merupakan tingkat dimana kita merasakan kesadaran sepenuhnya untuk mencapai tujuan yang diinginkannya melalui usaha. Reker & Wong

  • Makna hidup adalah hal-hal yang dianggap sangat penting dan berharga serta memberikan nilai khusus bagi seseorang sehingga layak dijadikan tujuan dalam kehidupan (the purpose in life). Makna adalah sesuatu yang dirasakan penting, benar, berharga dan didambakan serta memberikan nilai khusus bagi seseorang dan layak dijadikan tujuan hidup. Makna hidup benar-benar ada dalam kehidupan ini, walaupun dalam kenyataannya tidak selalu terungkap jelas tertapi tersirat dan tersembunyi di dalamnya. Bastaman (1995)

  • Makna hidup sebagai kemampuan individu untuk mengarahkan dirinya terhadap tujuan yang dicapainya. Crumbaugh & Maholick

Karakteristik atau ciri-ciri individu yang memiliki kebermaknaan hidup menurut Crumbaugh dan Maholick, yaitu :

  • Memiliki tujuan yang jelas
  • Memiliki perasaan bahagia
  • Memiliki tanggung jawab
  • Memiliki alasan keberadaan (eksistensi)
  • Memiliki kontrol diri
  • Tidak merasa cemas akan kematian

Sumber-sumber Makna Hidup


Makna hidup tidak saja dapat ditemukan dalam keadaan-keadaan yang menyenangkan,
tetapi juga dapat ditemukan dalam penderitaan sekalipun, selama kita mampu melihat hikmah-hikmahnya. Tanpa bermaksud menentukan apa yang seharusnya menjadi tujuan dan makna hidup seseorang, dalam kehidupan ini terdapat tiga bidang kegiatan yang secara potensial mengandung nilai-nilai yang memungkinkan seseorang menemukan makna hidup didalamnya apabila nilai-nilai itu diterapkan dan dipenuhi.

Ketiga nilai (values) ini, menurut Bastaman (2007), adalah creative values, experiental values, dan attitudinal values.

  • Creative values (nilai-nilai kreatif): kegiatan berkarya, bekerja, mencipta serta melaksanakan tugas dan kewajiban sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab.

  • Experiential values (nilai-nilai penghayatan): yaitu keyakinan dan penghayatan akan nilai-nilai kebenaran, kebajikan, keindahan, keimanan, dan keagamaan, serta cinta kasih.

  • Attitudinal values (nilai-nilai bersikap), yaitu menerima dengan ketabahan, kesabaran, dan keberanian segala bentuk penderitaan yang tidak mungkin dielakkan lagi, seperti sakit yang tak dapat disembuhkan, kematian, dan menjelang kematian, setelah upaya dan iktiar dilakukan secara maksimal.

Menurut Victor E Frankl dalam buku Naisaban makna hidup adalah arti dari hidup bagi seorang manusia. Arti hidup yang dimaksudkan adalah arti hidup bukan untuk dipertanyakan, tetapi untuk direspon karena kita semua bertanggung jawab untuk suatu hidup. Respon yang diberikan bukan dalam bnetuk kata-kata melainkan dalam bentuk tindakan.

Makna hidup merupakan suatu motivasi, tujuan dan harapan yang harus dimiliki oleh setiap individu yang hidup di dunia ini. Untuk mencapai semua itu seseorang harus melakukan sesuatu dalam hidupnya, tidak hanya diam dan bertanya hidup ini untuk apa. Semua yang diinginkan dalam hidupnya dapat dicapai dengan usaha yang maksimal.

Makna hidup merupakan sesuatu yang penting dan berharga bagi sesorang individu, apabila seorang berhasil menemukan makna hidup maka kehidupan ini akan dirasakan sangat berarti. Makna hidup merupakan hal yang sangat pribadi, sehingga dapat selalu berubah-ubah sering berjalannya waktu dan perubahan situasi dalam kehidupan individu tersebut.

Menurut Kruger makna hidup adalah manner suatu cara atau gaya yang digunakan untuk menghadapi kehidupan, untuk menunjukkan eksistensi, dan cara pendekatan individu terhadap kehidupannya sendiri berbeda-beda dan unik. Dan apabila individu telah mencapai tingkat kesadaran yang lebih diman kesadarannya lebih tertujuuntuk pencarian makna-makna, maka dapat dipastikan bahwa pemaknaan seorang individu terhadap kehidupan dengan individu lain akan berbeda satu sama lain.

Menurut Schultz makna hidup adalah memberi suatu maksud bagi keberadaan seseorang dan memberi seseorang kepada suatu tujuan untuk menjadi manusia seutuhnya. Menurutnya keberadaan seseorang (manusia) adalah bagaimana cara dalam menerima nasib dan keberaniannya dalam menahan penderitaan.

Pengertian makna hidup menjelaskan bahwa didalam makna hidup juga terdapat tujuan hidup, memiliki keyakinan dan harapan bahwa ada hal-hal yang perlu didapatkan dan dipenuhi dalam kehidupan ini. Makna hidup tidak mudah ditemukan dalam kehidupan seorang individu, akan tetapi makna hidup benar- benar ada dalam kehidupan. Apabila makna hidup berhasil ditemukan dalam kehidupan, maka kehidupan akan terasa lebih berarti dan berharga yang dapat melahirkan sebuah kebahagiaan. Kebahagiaan merupakan sebuah reward dari tercapainya makna hidup seseorang…

Makna hidup adalah motivasi, tujuan dan harapan yang ada pada kehidupan setiap orang yang sangat bersifat personal dan dapat berubah-ubah sesuai dengan situasi dan kondisi yang dialami seseorang yang harus dicapai dengan segala usaha dan tanggung jawab dan dapat membuat hidup bahagia dan lebih berarti.

Metode Menemukan Makna Hidup

Makna hidup slalu terdapat dalam setiap kehidupan itu sendiri, makna hidup harus dicari dan ditentukan oleh individu tersebut. Ini desebabkan karena makna hidup itu tersembunyi dalam kehidupan. Ada lima langkah untuk menemukan makna hidup. Kelima langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pemahan Pribadi

Langkah pertama ini membantu individu memperluas dan memahami beberapa aspek kepribadian serta corak kehidupan. Pada langkah awal, individu harus mengenali kelemahan-kelemahan diri dan berusaha mengurangi kelemahan- kelemahan tersebut. Setelah itu, individu memutuskan energi untuk meningkatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki dan mengoptimalkan potensi diri, sehingga mampu mencapai kesuksesan.

2. Bertindak Positif

Tindakan-tindakan positif ini jika dilakukan secara berulang-ulang akan menjadi suatu kebiasaan yang efektif. Untuk menerapkan metode bertindak positif ini perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

Pilih tindakan-tindakan nyata yang benar-benar dapat dilaksanakan secara wajar tanpa perlu memaksakan diri.

Perhatikan reaksi-reaksi spontan dari lingkungan terhadap usaha untuk bertindak positif.

Besar kemungkinan bahwa usaha bertindak positif mula-mula dirasa sebagai tindakan pura-pura dan bersandiwara oleh individu bersangkutan, tetapi jika dilakukan secara kosisten akan menyatu dengan diri menjadi bagian dari kepribadian.

3. Pengakraban Hubungan

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak akan terlepas dari orang lain. Karena manusia memiliki kebutuhan afiliasi, yaitu kebutuhan untuk selalu memperoleh kasih sayang dan penghargaan dari orang lain.

4. Pendalaman Tiga Nilai

Frankl mengemukakan tiga pendekatan yang merupakan sumber makna hidup, yang apabila diterapkan dan dipenuhi maka seorang itu akan menemukan makna hidupnya.

5. Ibadah

Dengan pendekatan kepada Tuhan, individu akan menemukan berbagai makna hidup yang dibutuhkan. Dengan beribadah, individu akan mendapatkan kedamaian, ketenangan dan pemenuhan harapan. Karena individu juga perlu mengembangkan kebermaknaan spiritual sehingga dapat memperoleh makna yang lebih mendalam dalam hidup.