Apa yang dimaksud dengan lubang hitam atau Black Hole ?

Lubang hitam

Lubang hitam (Black hole) merupakan bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Teori Relativitas Umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah Lubang Hitam yang berada di Ruang Waktu. Di sekitar Lubang Hitam ada permukaan yang di sebut Horizon peristiwa. Objek ini disebut “hitam” karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya.

Apa yang dimaksud dengan lubang hitam atau Black Hole ?

A post was merged into an existing topic: Bagaimana proses pembentukan Lubang Hitam di Alam Semesta ?

Black Hole, secara teknis adalah sebuah ruang di angkasa yang memiliki gravitasi yang sangat sangat sangat sangat sangat kuat. Black Hole terdiri atas bagian yang disebut Singularity, dan bagian yang disebut Event Horizon. Bagian Singularity ini masih sangat misterius dan tidak diketahui apa isinya. Sedangkan Event Horizon adalah wilayah yang memiliki gaya gravitasi sangat kuat. Bahkan semua objek di alam semesta ini tak ada yang bisa kabur dari hisapannya, termasuk cahaya, objek paling tercepat di alam semesta kita. Karena tidak ada cahaya di sekitarnya, akibatnya Black Hole tidak dapat terlihat.

Kita bisa mengetahuinya dengan melihat efek dari gravitasi black hole terhadap objek di sekitarnya. Karena gaya gravitasinya yang tinggi, Black hole mampu menyimpangkan cahaya, membuat kita dapat mendeteksinya. Selain itu, Black Hole juga dapat dideteksi dengan mengamati orbit objek luar angkasa, yang seringkali memiliki orbit yang aneh karena ternyata terpengaruh oleh gravitasi Black Hole di dekatnya.

Sumber :

Lubang Hitam


Meskipun gaya gravitasi mempunyai kekuatan yang lemah bila dibandingkan den-gan gaya-gaya lain yang terdapat di jagat raya ini, ia dapat mempunyai kekuatan yangsangat besar, bila kita meninjau suatu misal, sebuah objek langit yang mengalamipemampatan materi dan telah kehilangan energi termonuklirnya yang ia pergunakanuntuk melangsungkan hidup, akan mengalami pengerutan yang sangat hebat. Bintangyang ambruk tersebut akan mengerut mencapai ukuran yang sangat kecil karena efektarikan gravitasinya yang sangat kuat. Objek semacam inilah yang sering kita kenalsebagai lubang hitam, suatu objek yang menjadi perhatian utama saat ini dikarenakania memiliki sifat-sifat yang diramalkan dari teori kuantum dan teori relativitas umum yang menawan dan menakjubkan!Mungkin sulit bagi kita untuk membayangkan terdapatnya objek yang demikiansangat rapat, bila suatu misal, dalam sebuah kelereng yang berdiameter dua centimetermengandung sejumlah massa 80 milyar ton.

Bintang yang mempunyai massa sekianitu akan terus-menerus mengerut dalam ukuran yang semakin kecil dan semakin rapat.Tarikan gravitasinya bahkan mampu menarik cahaya yang lewat mendekatinya.Struktur atom dan struktur inti lubang hitam tidak lagi seperti yang telah kitakenal dalam teori atom dan teori nuklir, karena tarikan gravitasi telah menarik awanelektron di sekeliling inti dan menembusnya! Sifat-sifat apakah yang terjadi dan hukumbagaimanakah yang mampu menjelaskan adanya fenomena seperti itu, hingga saat inimasih dalam perumusan para fisikawan dunia. Dan akan selalu menjadi bahan kajianyang menarik karena ia merupakan aspek penting dalam pemahaman kita terhadapalam semesta, kelahiran serta proses evolusinya secara keseluruhan dalam suatu pemahaman utuh yang menunjukkan kebesaran Pencipta dalam menciptakan jagat raya ini.