Apa yang dimaksud dengan Lokus Kontrol Eksternal atau External Locus of Control?

Lokus Kontrol Eksternal atau External Locus of Control mengacu pada sejauh mana individu mengharapkan penguatan atau hasil dari perilaku mereka bergantung pada penyebab di luar individu, atau merupakan fungsi dari peluang atau keberuntungan, atau bahkan tidak dapat diprediksi.

Skala internal-eksternal asli yang dikembangkan oleh Rotter pada tahun 1966 diusulkan dengan mempertimbangkan lokus kontrol eksternal dan internal pada skala bipolar berkelanjutan. Namun, penulis lain mengusulkan untuk mempertimbangkan lokus kontrol eksternal dan internal sebagai dua dimensi independen. Beberapa bahkan menyarankan untuk membedakan dimensi eksternalitas yang berbeda sebagai peluang atau sesuatu lain yang kuat.

Lokus kontrol eksternal dipengaruhi oleh beberapa variabel demografis dan berhubungan negatif dengan prestasi akademik. Tidak ada hubungan yang diamati antara lokus kendali dan kecerdasan. Beberapa populasi klinis tampaknya memiliki lokus kontrol eksternal yang lebih tinggi, seperti pasien depresi dan tingkat ini tampaknya berhubungan negatif dengan hasil pengobatan.

Referensi : David Matsumoto, 2009, The Cambridge Dictionary of Psychology, Cambridge University Press.