Apa yang dimaksud dengan Locarno Treaties ?

The Locarno Treaties

The Locarno Treaties adalah tujuh perjanjian yang dinegosiasikan di Locarno, Swiss, pada 5–16 Oktober 1925 dan secara resmi ditandatangani di London pada 1 Desember.

Dalam perjanjian ini, negara-negara Sekutu Eropa Barat pada Perang Dunia I dan negara-negara baru di Eropa Tengah dan Timur berusaha menyelesaikan sengketa wilayah pascaperang dan membina kembali hubungan dengan Jerman (saat itu bernama Republik Weimar). Ratifikasi perjanjian Locarno dilakukan di Jenewa tanggal 14 September 1926 dan berlaku pada hari itu juga. Rangkaian perjanjian ini juga disertakan dalam Rangkaian Perjanjian Liga Bangsa-Bangsa pada hari yang sama.

Locarno membagi perbatasan Eropa menjadi dua bagian: bagian barat yang dijamin oleh perjanjian Locarno, dan perbatasan timur Jerman dengan Polandia yang masih bisa direvisi lagi; sehingga klaim Jerman atas Kota Bebas Danzig yang dihuni penduduk Jerman dan wilayah Polandia yang dihuni berbagai etnis disetujui oleh LBB, termasuk Koridor Polandia dan Silesia Hulu.

1 Desember 2015 menandai peringatan ke-90 penandatanganan resmi Locarno Treaties di Kantor Luar Negeri di London. Dinamai setelah kota di Swiss tempat perjanjian telah dinegosiasikan , tujuan mereka adalah untuk membawa perdamaian dan keamanan ke Eropa. Namun, sebagaimana diplomat Inggris Harold Nicholson kemudian menulis: ‘Alkimia Surgawi dari roh Locarno, kemegahan kemenangan pada musim gugur itu, tidak membuktikan daya tahan lama.’ Keberhasilan negosiasi ini, betapapun singkatnya, berutang banyak pada kebaikan hubungan antara Menteri Luar Negeri yang akan mendominasi diplomasi Eropa selama akhir tahun 1920-an: Austen Chamberlain (Inggris), Aristide Briand (Prancis) dan Gustav Stresemann (Jerman).
image

Perjanjian Locarno merupakan perjanjian arbitrase antara Jerman dan Perancis, Belgia, Polandia dan Cekoslowakia. Namun, tidak ada ‘Locarno Timur’. Alih-alih ada perjanjian baru tentang bantuan timbal balik antara Prancis dan Polandia dan Prancis dan Cekoslowakia untuk menebus kegagalan mendapatkan jaminan Jerman atas perbatasan timurnya. Yang paling penting, Pakta Rhineland mewajibkan Inggris dan Italia untuk bertindak melawan segala pelanggaran perbatasan yang ada antara Belgia dan Jerman, dan Prancis dan Jerman serta menyediakan arbitrasi untuk menyelesaikan perselisihan di masa depan. Kelima kekuatan Rhineland ini saling meninggalkan perang satu sama lain (kecuali bahwa Prancis akan membantu Polandia jika terjadi agresi Jerman). Begitu Jerman bergabung dengan Liga Bangsa-Bangsa (seperti yang terjadi pada tahun 1926) pelanggaran pakta ini dan prosedur arbitrase selanjutnya akan dirujuk ke Dewan Liga.

Pemenang besar dari negosiasi dan Perjanjian Locarno adalah Jerman yang sekali lagi merupakan kekuatan yang dihormati. Jerman tidak hanya mencegah pembentukan aliansi yang diarahkan pada dirinya sendiri tetapi juga telah memperoleh dari konsesi penting pada ketentuan Perjanjian Versailles seperti pada perlucutan senjata, reparasi, dan ancaman pendudukan.

Yang kalah besar di Locarno adalah Prancis dan sekutu Eropa timurnya. Prancis kehilangan kekuatannya untuk menegakkan pemukiman Versailles. Jika pasukan Prancis kembali berbaris ke Ruhr, seperti yang mereka lakukan pada tahun 1923, Inggris dan Italia akan dipanggil untuk datang bantuan Jerman melawan Prancis. Prancis hanya bisa berbuat sedikit jika Jerman melakukan apa yang paling ditakutkan oleh Prancis, gagal membayar ganti rugi dan komitmennya untuk melucuti senjata. Polandia dan Cekoslowakia berakhir tanpa jaminan Jerman atas keuntungan teritorial mereka dari perjanjian damai. Briand telah mendapatkan apa yang dia bisa, termasuk, yang terpenting baginya, jaminan Inggris akan perbatasan dan kedamaian Eropa.

Inggris muncul dari Locarno yang memegang keseimbangan perdamaian di Eropa, tetapi kemampuannya untuk menjamin keamanan perbatasan Rhine sangat minim. Pasukannya adalah pasukan kekaisaran, tersebar di seluruh dunia. Kekuatan yang tersedia untuk intervensi di benua Eropa, seperti sebelum Perang Dunia Pertama, terlalu kecil untuk mengatasi kecanggihan dan kecepatan perang modern. Namun, kekuatan angkatan laut dan keuangan Inggris cukup untuk saat ini untuk mencegah Prancis dan Jerman dari konflik.

Namun, keinginan kuat Chamberlain untuk perdamaian membawa harmoni hanya dalam jangka pendek. Apa yang disebut ‘Roh Locarno’ tidak pernah benar-benar dipegang. Terlepas dari kemenangan Stresemann, jaminan Locarno atas Perbatasan Barat Jerman hanya memicu revanchisme dan revisionismenya yang berkembang. Pada saat yang sama perjanjian Locarno merusak Liga Bangsa-Bangsa. Dengan Wall Street Crash pada tahun 1929 dan depresi ekonomi global berikutnya, optimisme dan rasa aman yang menjadi ciri paruh kedua tahun 1920-an berakhir. Tetapi penting untuk diingat bahwa untuk suatu periode ada kepercayaan global bahwa perang di masa depan dapat dicegah dan konflik dapat diselesaikan dengan cara damai dan diplomatis.

Sumber

What’s the context? 1 December 1925: signing the Locarno Treaties - History of government