Apa yang dimaksud dengan lirik?

Lirik secara etimologi berasal dari kata lyric yang berarti suatu bentuk syair yang digunakan dalam semua jenis lagu, menurut Tambajong (1992). Tambajong, (1992) juga berpendapat lirik merupakan bagian lagu yang berhubungan dengan bahasa atau sering disebut teks lagu. Apa yang dimaksud dengan lirik ?

1 Like

Lirik atau syair merupakan simbol bahasa yang digunakan komponis dalam mengekspresikan perasaan untuk mempermudah pendengar dalam mencerna karya musiknya Tim Abdi Guru (2007). Lirik lagu merupakan ekspresi seseorang tentang sebuah hal yang sudah dilihat, didengar maupun yang dialaminya, selain itu lirik juga merupakan permainan bahasa dari penyair kepada penikmat.

Lirik atau kata-kata dalam sebuah lagu dapat mencerminkan sebuah lagu tersebut dan memberi suasana tentang lagu, sehingga bisa mengungkapkan perasaan dari pencipta lirik dan bisa mempengaruhi serta mendorong keinginan yang positif dari beberapa penikmat yang menikmati karyanya.

Lirik adalah kata-kata yang membentuk sebuah lagu yang biasanya terdiri dari syair (verses) dan refrain (choruses). Penulis lirik disebut sebagai lyricist . Akan tetapi, kata-kata untuk komposisi musik yang diperluas seperti opera biasanya dikenal sebagai “libretto” dan penulisnya disebut “librettist”. Arti lirik bisa eksplisit atau implisit. Beberapa lirik bersifat abstrak, hampir tidak dapat dipahami, dan dalam kasus-kasus seperti itu penjelasannya menekankan bentuk, artikulasi, meter, dan simetri ekspresi. Rapper juga dapat membuat lirik (seringkali dengan variasi kata berima) yang dimaksudkan untuk diucapkan secara ritmis daripada dinyanyikan.

Lyric” berasal dari bahasa Latin, lyricus, dari bahasa Yunani, λυρικός (lyrikós), bentuk kata sifat dari lyre. Lirik pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada pertengahan abad ke-16 sebagai referensi untuk terjemahan Earl of Surrey tentang Petrarch dan untuk soneta miliknya sendiri. Tahun 1876, ​​Kamus Istilah Musik, Stainer dan Barrett menggunakan kata tersebut sebagai substantif tunggal: “Lirik, puisi atau ayat kosong yang dimaksudkan untuk diatur ke musik dan dinyanyikan”. Pada tahun 1930-an, penggunaan “lirik” plurale sekarang telah dimulai; sudah menjadi standar sejak 1950-an bagi banyak penulis. Bentuk singular “lirik” masih digunakan untuk mengartikan kata-kata lengkap dari sebuah lagu oleh pihak berwenang seperti Alec Wilder, Robert Gottlieb, dan Stephen Sondheim. Namun, bentuk singular juga biasa digunakan untuk merujuk ke baris tertentu (atau frasa) dalam lirik lagu.

Referensi
  1. Oxford English Dictionary 1st ed. lyric, adj. and n." 1903.
  2. Liddell, Henry & al. A Greek–English Lexicon 9th ed., “λυρικός”. Clarendon Press (Oxford), 1996. Hosted at the Perseus Project. Sidney, Philip. An Apologie for Poetrie op. cit. OED (1903).
  3. Miller, Andrew. Greek Lyric: An Anthology in Translation, pp. xii ff. Hackett Publishing (Indianapolis), 1996
  4. Stainer, John & al. A Dictionary of Musical Terms, p. 276. (London), 1876.
  5. Wilder, Alec (1972). American Popular Song. New York: Oxford University Press.
  6. Gottlieb, Robert (2000). Reading Lyrics. New York: Pantheon Books.
  7. Sondheim, Stephen (2011). Finishing the Hat. New York: Knopf.