Apa penyebab lidah stroberi dan bagaimana pengobatannya ?

lidah stroberi

Di dalam dunia kesehatan muncul sebuah istilah lidah stroberi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan lidah stroberi ini dan apa penyebab serta cara mengatasinya?

Dilansir dari Dokter Sehat, Lidah stroberi digunakan untuk menggambarkan lidah yang membengkak, dan bergelombang. Memiliki lidah stroberi merupakan gejala dari kondisi yang mendasarinya.

Bila seseorang memiliki lidah stroberi, lidah mereka biasanya berwarna merah. Bisa juga berwarna putih dan tampak bengkak. Warna dan gumpalan rasa di permukaan bisa membuatnya terlihat seperti stroberi atau raspberry.

Penyebab
Beberapa kondisi mendasar yang mungkin menyebabkan lidah stroberi dieksplorasi di berikut ini:

  1. Penyakit kawasaki
  2. Demam berdarah
  3. Alergi makanan atau obat
  4. Sindrom syok toksik
  5. Kurang Vitamin B12

Pengobatan
Perawatan untuk penyebab yang mendasari dieksplorasi di berikut ini:

  1. Penyakit Kawasaki – Dokter berpikir bahwa Aspirin membantu mengurangi peradangan arteri. Pemberian protein secara intravena yang mendukung sistem kekebalan tubuh membantu mengurangi risiko kerusakan pada arteri.

  2. Demam Scarlet – Ini diobati dengan terapi antibiotik.

  3. TSS – Ini diobati dengan antibiotik, cairan intravena, dan pengobatan berbasis obat lain untuk menstabilkan tekanan darah.

  4. Alergi – Kejutan anafilaksis biasanya diobati dengan suntikan epinefrin, glukokortikoid intravena, dan antihistamin intravena.

  5. Kekurangan vitamin – Suplemen, perubahan diet, atau kemungkinan suntikan vitamin dapat membantu mengatasi kekurangan apapun.

Sumber : Lidah Stroberi

Klo aku, aku ga ada penyebab nya samasekali, tapi malah muncul pas aku gesek2 in gigi aku, dan sekarang aku masih takut buat konsultasi