Apa yang dimaksud dengan libertarianisme?

image

Apa yang dimaksud dengan libertarianisme ?

image

Libertarianisme adalah klasifikasi filosofi politik yang menjunjung tinggi kebebasan sebagai fokus utama mereka dan sebagai tujuan. Mereka berusaha untuk memaksimalkan otonomi dan kebebasan memilih, menekankan kebebasan politik, asosiasi sukarela dan keutamaan penilaian individu.

Sementara libertarian berbagi sebuah skeptisisme otoritas, mereka menyimpang pada lingkup penentangan mereka terhadap sistem politik dan ekonomi yang ada. Berbagai sekolah pemikiran libertarian menawarkan berbagai pandangan mengenai fungsi yang sah dari negara dan kekuasaan pribadi, sering dipanggil untuk membatasi atau bahkan untuk sepenuhnya membubarkan lembaga-lembaga sosial yang dapat menjalar. Alih-alih mewujudkan sebuah teori yang sistematis kaku tunggal atau ideologi, libertarianisme telah diterapkan sebagai payung untuk berbagai ide-ide politik yang kadang-kadang sumbang dalam sejarah modern.

Meskipun beberapa libertarian kini menganjurkan kapitalisme laissez-faire dan hak milik pribadi yang kuat, seperti di tanah, infrastruktur dan sumber daya alam, orang lain, sosialis libertarian terutama, berusaha untuk menghapuskan kapitalisme dan kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi yang mendukung kepemilikan umum atau koperasi dan manajemen.

Sementara minarchisme percaya pemerintahan terpusat yang terbatas diperlukan untuk melindungi individu dan properti mereka dari pelanggaran tertentu, anarkisme mengusulkan untuk sepenuhnya menghilangkan negara sebagai sistem politik yang sah.

Sebagian orang berpendapat bahwa libertarianisme bukanlah teori persamaan atau keuntungan mutual. Namun, seperti terlihat dalam namanya, ini adalah teori tentang kebebasan. Menurut pandangan ini, persamaan dan kebebasan menandingi kesetiaan moral kita, dan apa yang menentukan libertarianisme justru pengakuannya akan kebebasan sebagai landasan premis moral, dan penolakannya mengkompromikan kebebasan dengan persamaan.

Kaum libertarian yang lain mengatakan bahwa libertarianisme didasarkan pada prinsip kebebasan. Yang dimaksud dengan kebebasan adalah sebagai berikut:

  1. Pasar yang tanpa batas melibatkan kemerdakaan yang lebih besar.
  2. Kemerdekaan adalah nilai fundamental.
  3. Karena itu, pasar bebas secara moral dibutuhkan