Apa yang dimaksud dengan Liability of Smallness?

Startup

Istilah Liability of Smallness sering kita dengan ketika berbicara masalah startup. Apa yang dimaksud dengan Liability of Smallness?

Istilah Liability of Smallness mengacu pada kondisi sebuah perusahaan yang kecil,dimana perusahaan kecil mempunyai keterbatasan dalam hal sumber daya dan kemampuan, dan dengan demikian memiliki kerentanan terhadap perubahan lingkungan.

Asumsi dari istilah Liability of Smallness adalah bahwa perusahaan baru yang besar memiliki prospek bertahan hidup yang lebih baik dibandingkan dengan perusahaan baru yang kecil (Freeman dan Hannan, 1983).

Ukuran sebuah perusahaan dapat diukur dalam hal jumlah modal finansial atau jumlah orang yang dipekerjakan pada saat perusahaan tersebut didirikan (Aldrich dan Auster 1986). Sumber daya finansial yang besar akan meningkatkan peluang perusahaan baru untuk menghadapi permasalahan kritis yang terjadi pada periode awal perusaahaan dan juga untuk mengatasi “guncangan” dari lingkungan.

Selain itu, perusahaan besar mungkin memiliki keuntungan dalam hal peningkatan modal dan berada dalam posisi yang lebih baik dalam hal merekrut tenaga kerja yang berkualitas.

Selain itu, ukuran perusahaan baru biasanya dikaitkan dengan kemmapuan bernegosiasi, baik dalam pasar maupun dalam hubungannya dengan perusahaan lain, dimana perusahaan kecil biasanya berada pada posisi yang tidak menguntungkan dalam negosiasi.

Referensi :

  • Freeman J., Carroll G.R., Hannan M.T. (1983), The liability of newness: age dependence in organizational death rates, American Sociological Review, Vol.48, No.5, pp.692-710.
  • Aldrich H., Auster E.R. (1986), Even dwarfs started small: liabilities of age and size and their strategic implications, Research in Organizational Behavior, Vol.8, pp.165-198.
1 Like