Apa yang dimaksud dengan Liability of Newness?

startup

Dalam dunia startup, istilah Liability of Newness sering kita dengar. Apa sebenarnya makna dari Liability of Newness?

Fenomena liability of newness merupakan gambaran terkait dengan risiko kehancuran (kegagagaln) suatu perusahaan sepanjang “kehidupannya”. Dari istilah tersebut menunjukkan bahwa perusahaan yang baru berdiri atau sebuah startup mempuyai risiko yang tinggi untuk mengalami kegagalan. Atau dengan kata lain semakin bertambah usia sebuah perusahaan, maka semakin berkurang risiko kegagalannya.

Istilah pertama kali dipopulerkan oleh Stinchcombe pada tahun 1965.

Ada tiga alasan mendasar mengapa hal ini mungkin terjadi (Stinchcombe, 1965):

  • Perusahaan baru yang bergerak di bidang yang baru membutuhkan keahlian tertentu dimana proses belajar terhadap keahlian tersebut waktu. Perusahaan baru biasanya cenderung mengarah pada inefisiensi ekonomi.

  • Kepercayaan di antara anggota perusahaan belum berkembang dengan baik karena, dalam kebanyakan kasus, anggota perusahaan tersebut tidak saling mengenal ketika perusahaan didirikan.

  • Perusahaan baru belum mempunyai portofolio yang stabil.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang gagal di usia muda. Menurut data dari Bureau of Labor, Amerika, 50 persen perusahaan mengalami kegagalan dalam waktu 5 tahun. Penelitian yang dilakukan oleh Phillips and Kirchoff (1989) menemukan bahwa 3 dari 5 perusahaan baru mengalami kegagalan dalam kurun waktu 6 tahun. Penelitian yang dilakukan terhadap 5.000 perusahaan di Australia, oleh Watson and Everett (1996), menemukan bahwa perusahaan baru mempunyai persentase kegagalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan dewasa.

Referensi :

  • Stinchcombe AL. Organizations and Social Structure. In: March J editor.
  • Handbook of Organizations. Chicago: Rand McNally; 1965. p. 153–193.
  • Phillips, Bruce D. and Bruce A. Kirchhoff (1989). Formation, Growth and Survival: Small Firm Dynamics in the U.S. Economy. Small Business Economics 1, 65-74.
  • Watson, John and Jim E. Everett (1996). Do Small Businesses Have High Failure Rates? Journal of Small Business Management 34 (4), 45-62.
1 Like