Apa yang dimaksud dengan Lexical decision task?

Dalam lexical decision task, peserta memutuskan secepat dan seakurat mungkin apakah rangkaian huruf adalah kata yang dieja dengan benar atau tidak, dan waktu reaksi serta ketepatan dalam membuat tanggapan ini dilakukan pencatatan.

Dengan memahami faktor-faktor yang mempercepat atau memperlambat respons keputusan leksikal, psikolog mampu mengembangkan dan menguji teori-teori yang berkaitan dengan memori leksikal (penyimpanan kata-kata secara mental) dan memori semantik (penyimpanan mental makna kata dan pengetahuan dunia umum).

Tugas ini berasal dari penelitian kronometri mental (studi tentang pemrosesan informasi manusia dan perjalanan waktunya) dan telah menjadi teknik eksperimental yang paling banyak digunakan untuk mempelajari proses pengenalan kata. Tugas ini telah digunakan untuk menilai bagaimana berbagai faktor mempengaruhi pengenalan kata termasuk frekuensi kata, panjang kata, kepadatan lingkungan ortografik, degradasi stimulus, jumlah suku kata, jumlah morfem, bagian dari ucapan, dan keterkaitan untuk menyebutkan beberapa darinya.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology