Apa yang dimaksud dengan Leksikon?

Leksikon adalah semua kata dalam suatu bahasa atau semua kata yang dapat digunakan seseorang. Ukuran leksikon seseorang bergantung pada cara pengujiannya. Kebanyakan orang dapat menggunakan lebih banyak kata daripada yang dapat mereka definisikan dan kenali arti kata-kata dalam ucapan orang lain yang tidak mereka gunakan dalam ucapan mereka sendiri.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology

Dalam linguistik, leksikon merupakan koleksi leksem pada suatu bahasa. Menurut KBBI (2012:345), leksikon diartikan sebagai kosakata, kamus sederhana, daftar istilah dalam suatu bidang disusun menurut abjad dan dilengkapi dengan keterangannya, komponen bahasa yang memuat semua informasi tentang makna dan pemakaian kata dalam bahasa atau kekayaan kata yang dimiliki suatu bahasa.

Sedangkan menurut Kridalaksana (2008:142) senada dengan pengertian di atas, leksikon dapat diartikan sebagai 1) komponen bahasa yang memuat semua informasi tentang makna dan pemakaian kata dalam bahasa; 2) kekayaan kata yang dimiliki seorang pembicara, penulis, atau suatu bahasa, kosakata, perbendaharaan kata, dan daftar kata yang disusun seperti kamus, tetapi dengan penjelasan yang singkat dan praktis.

Kajian terhadap leksikon mencakup apa yang dimaksud dengan kata, strukturasi kosakata, penggunaan dan penyimpanan kata, sejarah dan evolusi kata (etimologi), hubungan antar kata, serta proses pembentukan kata pada suatu bahasa. Cabang linguistik yang mempelajari leksikon adalah leksikologi. Leksikologi adalah ilmu yang mengambil leksikon sebagai objek kajiannya.

Referensi

Fitriah, Lailatul, Ayu Indah P, Karimah dan Daroe Iswatiningsih. 2021. Kajian Etnolinguistik Bahasa Remaja Milenial di Sosial Media. Basastra : Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 10 (1), 1-20

Idham, Muhammad. 2020. “Karakteristik Leksikon Bahasa Gaul di Captionn Akun Instagram @awreceh.id dan @kegoblogan.unfaedah”. Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya, Departemen Sastra Indonesia, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Menurut saya, Leksikon adalah keseluruhan leksem yang terdapat pada suatu bahasa. Kajian terhadap leksikon mencakup apa yang dimaksud dengan kata abstrak leksem, strukturisasi kosakata, penggunaan dan penyimpanan kata, pembelajaran kata, sejarah dan evolusi kata, hubungan antarkata, serta proses pembentukan kata pada suatu bahasa.