Apa yang dimaksud dengan Lactosa Intolerance pada Kucing?

Kucing

Apa yang dimaksud dengan Lactosa Intolerance pada Kucing ?

Seringkali banyak pemilik kucing yang menginginkan peliharaannya tambah gemuk caranya yaitu dengan pemberian susu sapi sebagai makanan tambahan. Akan tetapi, beberapa saat kemudian kucing tersebut mengalami diare. Tetapi tidak semua kucing setelah diberikan susu akan mengalami diare. Ada pula kondisi kucingnya ternyata baik-baik saja setelah pemberian susu, dan terlihat sehat dan semakin gemuk. Lalu sebenarnya apakah susu sapi baik untuk diberikan pada kucing?

Pengertian Lactose Intolerant

Mungkin tidak semua orang mengetahui istilah lactose intolerant. Lactose intolerant yaitu suatu keadaan tubuh tidak mampu menghancurkan laktosa yang ada di dalam susu karena tubuh kekurangan enzim laktase. Sebagian besar mamalia, seiring bertambahnya usia maka kemampuan tubuh untuk memproduksi enzim laktase akan semakin berkurang, sehingga risiko menjadi laktose intolerant semakin bertambah.

Lalu apakah semua kucing akan mengalami Lactose Intolerant?

Mungkin Anda akan menanyakan hal tersebut pada dokter hewan Anda. Tentunya tidak semua kucing itu mengalami lactose intolerant, meskipun sebagian kucing terutama kucing dewasa akan cenderung menjadi Lactose Intolerant. Ketika kucing Lactose Intolerant tersebut mengonsumsi susu, maka laktosa yang ada pada susu tak mampu dicerna dengan sempurna di dalam usus sehingga hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan seperti sakit perut, kembung serta diare.

Untuk mengetahui apakah kucing Anda toleran pada susu yaitu dengan memberinya sedikit satu atau dua sendok makan susu, jika tidak timbul efek yang merugikan maka diperbolehkan pemberian susu pada kucing Anda. Tapi, tidak dianjurkan untuk memberikan susu setiap hari pada kucing dewasa. Dan jika tibul gejala yang tidak seperti biasa, maka sebaiknya untuk tidak diberikan susu. Untuk memenuhi kebutuhan minum bisa menggunakan air matang.