Apa yang dimaksud dengan Koperasi ?

image
Koperasi merupakan salah satu yang dibahas didalam Ilmu Ekonomi.

Koperasi merupakan perusahaan yang didirikan bukan untuk mencari keuntungan tetapi untuk kepentingan kesejahteraan para anggotanya.

Referensi

http://www.portal.ptpn12.com/elib/index.php?p=fstream-pdf&fid=161&bid=87

Pengertian koperasi secara umum adalah suatu perkumpulan atau organisasi yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang bekerja sama dengan penuh kesadaran untuk meningkatkan kesejahteraan anggota atas dasar sukarela secara kekeluargaan. Berdasarkan pengertian tersebut, bahwa yang mendasari gagasan koperasi sesungguhnya adalah kerja sama, gotong-royong dan demokrasi ekonomi menuju kesejahteraan umum.

Koperasi menurut ketentuan yang termaktub dalam pasal 1 ayat (1) Undang- undang tentang perkoperasian (UU Nomor 25 Tahun 1992 Lembaran Negara RI Tahun 1992 Nomor 116) adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Dilihat dari peranannya, koperasi mempunyai dua fungsi yaitu:

  • Fungsi ekonomi, dalam bentuk kegiatan-kegiatan usaha ekonomi yang dilakukan koperasi untuk meringankan beban hidup sehari-hari para anggotanya.

  • Fungsi sosial, dalam bentuk kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan secara gotong-royong atau dalam bentuk sumbangan berupa uang yang berasal dari laba koperasi yang disisihkan untuk tujuan-tujuan sosial, misalnya untuk mendirikan sekolah, tempat ibadah, dan sebagainya.

Koperasi merupakan soko guru perekonomian nasional dan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sistem perekonomian nasional. Hal itu tentu bukan tanpa dasar pertimbangan dan alasan yang jelas.

Selepas Indonesia menyatakan kemerdekaan, gerakan koperasi mengadakan kongres koperasi untuk pertama kali. Perhelatan di Tasikmalaya pada 12 Juli 1947, kongres itu sukses menelurkan Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI). Tanggal kongres itulah yang menjadi cikal bakal peringatan Hari Koperasi Nasional.