Apa yang dimaksud dengan konservasi gigi?

Didalam kedokteran gigi terdapat beberapa istilah yang harus dipahami salah satunya terkait konservasi gigi.221

konservasi gigi ialah usaha untuk merawat & mempertahankan gigi sebisa mungkin supaya kembali normal, baik dari sisi fungsi maupun bentuknya. Prakteknya seperti perawatan dan pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi berlubang, perawatan saraf gigi yang mati, dan lain sebagainya. Yang dapat menangani masalah gigi ini tidak sembarang dokter gigi, ada spesialisasi khusus yang harus ditekuni. Dokter spesialis konservasi gigi atau biasa disebut Endodontis adalah mereka yang telah belajar secara khusus mengenai metode konservasi gigi ini. Jadi, dokter gigi spesialis konservasi atau endodontist adalah dokter gigi yang spesialisasinya merawat atau menyelamatkan gigi yang sudah rusak untuk dapat dipertahankan selama mungkin di dalam rongga mulut dan untuk dapat berfungsi kembali dengan baik.

Asal kata “endodontik” berasal dari bahasa yunani “endo” yang berarti bagian dalam dan “odont” yang berarti gigi. Jadi seorang Endodontis dalam bidang spesialisasi giginya banyak berhubungan dengan perawatan bagian dalam gigi yaitu perawatan pulpa/ jaringan lunak di dalam gigi atau lebih dikenal dengan perawatan saluran akar / root canal treatment.

Seseorang disebut sebagai dokter gigi spesialis konservasi gigi ketika telah menyelesaikan program pendidikan dan profesi sebagai dokter gigi umum selama lebih kurang 5-6 tahun dan kemudian melanjutkan program spesialis konservasi gigi selama 2-3 tahun.

sumber: http://rsgm.maranatha.edu/spesialis-konservasi-gigi/