Apa yang dimaksud dengan konsep static pada pemrograman Java?

Dalam pemrograman java terdapat static modifier pada method maupun atributnya. Apakah yang dimaksud dengan konsep static dan bagaimana cara menggunakannya?

Konsep Static adalah salah satu jenis modifier di Java yang digunakan agar suatu atribut atau pun method dapat diakses oleh kelas atau objek tanpa harus melakukan instansiasi terhadap kelas tersebut

Cara menggunakan nya serupa dengan data statis, kita juga membuat metode yang hanya bertindak pada kelas, jadi hanya dapat mengaksesvariabel static saja bukan data instan tertentu.

Kita mendeklarasikan dengan memberi modifier staticSerupa dengan data statis, kita juga membuat metode yang hanya bertindak pada kelas, jadi hanya dapat mengaksesvariabel static saja bukan data instan tertentu. Kita mendeklarasikan dengan memberi modifier static, kita juga membuat metode yang hanya bertindak pada kelas, jadi hanya dapat mengaksesvariabel static saja bukan data instan tertentu. Kita mendeklarasikan dengan memberi modifier static

Terdapat kebutuhan variabel atau metode yang common (dipakai bersama) untuk semua objek tertentu. Modifier static menspesifikasikan bahwa variabel atau metode sama untuk semua objek kelas itu. Metode atau variabel yang memiliki modifier static adalah milik kelas. Metode static hanya dapat mengakses variabel statis. Metode nonstatis dapat mengakses variabel instan dan variabel static . Metode kelas (class method, yaitu dengan modifier statis) hanya diizinkan mengakses variabel static Metode static adalah final.

Metode static yang public yang dapat diakses tanpa perlu menciptakan instan kelas. Metode System.out.println () adalah static, sehingga dapat dipanggil tanpa diinisialisasi objek System. Variabel out adalah anggota static kelasSystem, akibatnya untuk mengaksesnya kita tidak perlu melakukan inisialisasi objek out

Sumber :

Static Variabel merupakan jenis modifier di Java yang berfungsi agar suatu atribut atau method dapat diakses oleh kelas atau objek tanpa harus melakukan instansiasi terhadap kelas tersebut yang dideklarasikan menggunakan keyword static.

Contoh penulisan keyword static:

public static void hitungPengurangan (int a, int b){

Selain itu, jenis modifier ini memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan jenis variabel yang lainnya, seperti berikut ini :

  1. Static variabel ini akan di buat ketika program berjalan dan akan di bersihkan ketika program berhenti.
  2. Static variabel dapat diakses menggunakan nama class ataupun tidak.
  3. Static variabel memiliki default value.
  4. Default value dari Static variabel apabila tipe data yang digunakan number adalah 0.
  5. Default value dari Static variabel apabila tipe data yang digunakan Boolean adalah false.
  6. Default value dari Static variabel apabila tipe data yang digunakan referense/object adalah null.
  7. Value dapat diinisialisasikan pada waktu deklarasi, melalui constructor.

Untuk mengetahui bagaimana keyword static ini bekerja yaitu pada proses memasukkan sebuah data dari keyboard, kita memanggil method dari object yang di inisialisasikan dari constructor untuk menginput dari input stream (system.in) dengan menginstansiasi obyek dari Class. Kemudian dapat kita panggil method yang sesuai dari instan objek tersebut. Akan tetapi, terkadang kita tidak perlu melakukan instansiasi class terlebih dahulu untuk memanggil method yang ada pada class dan cukup memanggil nama method saja.

Untuk mendeklarasikan method static, kita dapat meletakkan keyword static sebelum tipe method (return atau void). Method static dapat dipanggil dengan menyebutkan nama class dan diikuti dengan dot (.) seperti sintaks berikut:

ClassName.methodName(arguments)


Referensi:

Keyword Static di java digunakan untuk mengakses member baik variable ataupun method ( prosedur atau fungsi ) pada class tertentu tanpa harus membuat suatu objek dari class itu. Umumnya untuk mengakses member dari kelas lain kita harus membuat objek kelas itu tapi dengan menggunakan keyword static kita dapat langsung menggunakan member kelas lain.

Keyword static bisa digunakan untuk variable ataupun method. Seperti contoh code dibawah ini.
Kita ketahui bahwa code diatas terdapat 2 kelas, pada kelas StaticDemo terdapat 3 variabel dan 1 method. Pada kelas RunStaticKu terdapat main (program utama) dan akses ke kelas StaticDemo.

Untuk mengkakses Kelas StaticDemo, Kelas RunStaticKu harus membuat objek dari kelas StaticDemo dengan perintah

01

Dengan perintah ini, maka kelas RunStaticKu dapat mengakses member yang ada pada kelas StaticDemo, dengan perintah

02

Nah dengan keyword static, kita tidak harus membuat objek kelas StaticDemo dengan perintah
StaticDemo a = new StaticDemo();

Dengan static keyword, kita cukup memanggil misalkan variable x dengan perintah
StaticDemo.x = 5;

Contoh jelasnya bisa dilihat di code ini :

03

Terlihat tanpa harus membuat objek, kita dapat mengakses langsung kelas StaticDemo di kelas RunStaticKu. Kelemahannya kita tidak bisa menggunakan keyword “this” bila variable dibuat dengan keyword static.