Apa yang dimaksud dengan Komunitas online atau virtual ?

media_sosial
kelompok

(Amalia Laisa) #1

Komunitas virtual atau online

**Komunitas virtual atau online ** merupakan seperangkat hubungan sosial yang dibentuk di cyberspace melalui kontak berulang dalam batasan-batasan (boundaries) yang spesifik. Fernback dan Thompson (1995)

Apa yang dimaksud dengan Komunitas online atau virtual ?


(Ayyara Yuan Nisaka) #2

Menurut Balasubramanian dan Mahajan, 2001, komunitas virtual atau online community adalah entitas apapun yang memenuhi lima jenis karakteristik, yakni perkumpulan orang, anggota rasional, interaksi di cyberspace tanpa kesamaan lokasi fisik, keterlibatan dalam proses pertukaran sosial (social exchange), dan adanya tujuan, properti/identitas, atau kepentingan maupun minat yang sama antara anggota.

Dalam Koh dan Kim (2004) dinyatakan bahwa peneliti ilmu sosial secara umum sepakat bahwa komunitas virtual adalah kelompok yang tempat interaksi primernya adalah di cyberspace . Hal ini disebabkan ikut sertanya anggota dari beberapa komunitas virtual dalam komunikasi offline di samping online.

Beberapa komunitas virtual juga bertumpu pada komunikasi offline di samping online dan menyebut jenis komunitas tersebut sebagai komunitas hibrida (hybrid community).

Referensi :

  • Balasubramanian, S., & Mahajan, V. (2001). The Economic Leverage of the Virtual Community. International Journal of Electronic Commerce 5 (3). 103-138
  • Koh, J., & Kim, Y. G. (2004). Sense of Virtual Community: A Conceptual Framework and Empirical Validation. International Journal of Electronic Commerce 8 (2), 75-93