Apa yang dimaksud dengan Komunitas online atau virtual?

Komunitas online

Komunitas virtual atau online merupakan seperangkat hubungan sosial yang dibentuk di cyberspace melalui kontak berulang dalam batasan-batasan (boundaries) yang spesifik. Fernback dan Thompson (1995)

Apa yang dimaksud dengan Komunitas online atau virtual ?

Menurut Balasubramanian dan Mahajan, 2001, komunitas virtual atau online community adalah entitas apapun yang memenuhi lima jenis karakteristik, yakni perkumpulan orang, anggota rasional, interaksi di cyberspace tanpa kesamaan lokasi fisik, keterlibatan dalam proses pertukaran sosial (social exchange), dan adanya tujuan, properti/identitas, atau kepentingan maupun minat yang sama antara anggota.

Koh dan Kim (2004) menyatakan bahwa peneliti ilmu sosial secara umum sepakat bahwa komunitas virtual adalah kelompok yang tempat interaksi primernya adalah di cyberspace . Hal ini disebabkan ikut sertanya anggota dari beberapa komunitas virtual dalam komunikasi offline di samping online.

Beberapa komunitas virtual juga bertumpu pada komunikasi offline di samping online dan menyebut jenis komunitas tersebut sebagai komunitas hibrida (hybrid community).

Referensi :

  • Balasubramanian, S., & Mahajan, V. (2001). The Economic Leverage of the Virtual Community. International Journal of Electronic Commerce 5 (3). 103-138
  • Koh, J., & Kim, Y. G. (2004). Sense of Virtual Community: A Conceptual Framework and Empirical Validation. International Journal of Electronic Commerce 8 (2), 75-93

Komunitas online adalah sebuah komunitas yang terbentuk secara virtual (maya) di berbagai layanan internet, misalnya forum online, mailing list, atau grup-grup tertentu. Komunitas yang dimaksud merujuk pada sekumpulan anggota/user yang mempunyai hobi atau ketertarikan yang sama terhadap sesuatu hal. Tujuannya yaitu untuk saling berbagi cerita, informasi, atau pengalaman lain antar anggotanya tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Lain halnya dengan komunitas nyata yang berarti kegiatan yang biasa dilakukan oleh kelompok tertentu untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung antar anggotanya.

Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.

Komunitas maya diciptakan untuk saling berkomunikasi di antara para pengguna internet dengan menggunakan teknologi yang mengguakan platform internet. Walaupun begitu, saat internet populer di kalangan awam, yaitu sejak munculnya http sebagai landasan website, masyarakat baru sekedar menggunakan internet untuk mencari berita atau komunikasi melalui e- mail. Namun segera setelah itu, komunitas maya yang terdiri dari pengguna awam juga mulai terbentuk. Komunitas maya bisa berupa mailing list, newsgroup atau bulletin board .

Manfaat komunitas online

  1. Untuk menjalin silturahmi
  2. Saling tukar ilmu untuk kebaikan semua