Apa yang dimaksud dengan Komplikasi dalam Drama?

Komplikasi pada drama

Komplikasi adalah insiden permulaan yang menyebabkan terjadinya konflik. Ketegangan pun mencapai klimaks.

Apa yang dimaksud dengan Komplikasi dalam Drama ?

Komplikasi adalah unsur dalam naskah drama yang menyebabkan perubahan jalannya laku. Komplikasi berada pada bagian tengah naskah drama.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bagian komplikasi adalah sebagai berikut :

  1. Komplikasi meningkat karena adanya penemuan informasi baru, perlawanan yang tak terduga dari tokoh–tokoh tertentu, kemungkinan– kemungkinan yang tak terduga yang muncul dalam perjalanan laku atau dari beberapa peristiwa.

  2. Komplikasi mencipta suspens. Di awal cerita ketika cerita mulai berkembang ke arah puncak, kemungkinan–kemungkinan itu hampir– hampir terbatas. Akibatnya, pembaca akan merasakan arah perkembangan laku dan karena tertutupnya kemungkinan lain, arah menuju krisis berkembang.

  3. Pada dasarnya, semua komplikasi adalah menemukan. Dengan pengertian bahwa setiap hal yang diungkapkan adalah penemuan yang tidak dikenal sebelumnya.

  4. Penyelesaian setiap penemuan tidak harus seketika itu terjadi. Sering seorang pengarang menjalinnya dengan beberapa tokoh.

  5. Di dalam komplikasi, akibat yang timbul dalam diri seorang tokoh sangat penting. Salah satunya adalah menyelesaikan aksi tokoh dan menemukan komplikasi baru.

1 Like