Apa yang dimaksud dengan Kompetensi?

sumber_daya_manusia

(Denta Kalla Nayyira) #1

Kompetensi

Kompetensi sumber daya manusia sangat berguna untuk membantu organisasi menciptakan budaya kinerja tinggi guna mencapai kesuksesan organisasi tersebut.

Apa yang dimaksud dengan Kompetensi?


(Yalanda Cahya Hardiyani) #2

Kompetensi adalah suatu kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang dilandasi atas keterampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut. Dengan demikian kompetensi menunjukkan keterampilan atau pengetahuan yang dicirikan oleh prefesionalisme dalam suatu bidang tertentu sebagai sesuatu yang penting, sebagai unggulan bidang tersebut.

Kompetensi sebagai kemampuan seseorang untuk menghasilkan pada tingkat yang memuaskan di tempat kerja, termasuk diantaranya kemampuan seseorang untuk mentranfer dan mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan tersebut dalam situasi yang baru dan meningkatkan manfaat yang disepakati.

Kompetensi juga menunjukkan karakteristik pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki atau dibutuhkan oleh setiap individu yang memampukan mereka untuk melakukan tugas dan tanggungjawab mereka secara efektif dan meningkatkan standar kualitas profesional dalam pekerjaan mereka.

Kompetensi menjelaskan apa yang dilakukan orang di tempat kerja pada berbagai tingkatan dan memperinci standar masing-masing tingkatan, mengidentifikasi karakteristik, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan oleh individual yang memungkinkan menjalankan tugas dan tanggungjawab secara efektif sehingga mencapai standar kualitas profesional dalam bekerja, dan mencakup semua aspek catatan manajemen kinerja, keterampilan dan pengetahuan tertentu, sikap, komunikasi, aplikasi dan pengembangan

Menurut Becker, Huselid & Ulrich (2001), kompetensi adalah pengetahuan, keahlian atau karakter personalitas yang secara langsung mempengaruhi kinerja seseorang.

Kompetensi didefinisikan sebagai integrasi unik antara karakteristik pribadi pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang diperoleh melalui pendidikan khusus atau pengalaman kerja.

  • Pengetahuan adalah campuran yang tidak tetap dari pengalaman, nilai-nilai, informasi kontekstual yang terbingkai dan keahlian mendalam yang memberikan kerangka kerja untuk pengevaluasian dan penggabungan pengaalaman dan informasi baru. Pengetahuan berasal dan diaplikasikan dalam pikiran pemilik pengetahuan. Pada organisasi pengetahuan sering melekat tidak hanya pada dokumen atau gudang tetapi juga di dalam rutinitas, proses, praktek dan norma organisasi (Davenport, Thomas & Prusak, 1998).

  • Keahlian adalah kemampuan (ability) untuk menguasai konsep dari suatu disiplin atau domain dan menggunakan pengetahuan ini dengan benar dalam situasi baru ( Sanchez, 1996). Keahlian adalah segala sesuatu yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tugas pekerjaan.

  • Karakteristik pribadi adalah sikap (attitude), nilai (value) dan citra diri. Menurut Marelli (2001), karakteristik pribadi adalah sebagai enabling behaviors yang mencakup kebiasaan kerja (work habits), cara berinteraksi dengan yang lainnya atau cara berkontribusi untuk mencapai performa kerjaa efektif.