Apa yang dimaksud dengan Kewajiban Tak Terbatas atau Unlimited Liability?

Unlimited Liability

Kewajiban Tak Terbatas atau Unlimited Liability adalah situasi di mana pedagang tunggal atau setiap mitra bertanggung jawab atas semua hutang perusahaan tanpa batasan jumlah yang mungkin harus dibayar masing-masing.

Referensi

Black, John. (1997). Dictionary of Economics-Oxford University Press. New York: Oxford University Press

Apa itu Kewajiban Tidak Terbatas?

Kewajiban tidak terbatas atau unlimited liabilites adalah kewajiban hukum dari pendiri perusahaan dan pemilik bisnis untuk membayar kembali secara penuh hutang dan kewajiban keuangan lainnya dari perusahaan mereka.
Sederhananya, kewajiban ini mengacu pada tanggung jawab hukum penuh yang dipikul oleh pemilik bisnis dan mitra untuk semua hutang bisnis. Kewajiban ini tidak dibatasi, dan kewajiban dapat dibayar melalui penyitaan dan penjualan aset pribadi pemilik, yang berbeda dari struktur bisnis kewajiban terbatas yang populer.

Unlimited liabilites menerapkan tanggung jawab yang tidak terbatas oleh pemilik bisnis pada kewajiban keuangan kontraktual dan termasuk kewajiban lain yang mungkin timbul terhadap bisnis. Kewajiban kontinjensi yang timbul dari tuntutan hukum konsumen atau tindakan hukum terhadap bisnis dapat merugikan pemilik bisnis dari perseorangan dan kemitraan. Tuntutan hukum berpotensi menimbulkan kewajiban yang sangat besar. Ini menjelaskan mengapa perusahaan yang lebih kecil cenderung menyusun sebagai perseroan terbatas.

Contoh Kewajiban Tidak Terbatas

Mari kita asumsikan dua mitra mengelola perusahaan dimana mereka masing-masing melakukan investasi senilai $20.000. Perusahaan tersebut sebelumnya juga mengambil pinjaman sebesar $100.000 yang harus dilunasi. Jika perusahaa tidak dapat membayar kembali pinjaman tersebut, kedua mitra akan sama-sama berkewajiban untuk menyelesaikan kewajiban tersebut.

Dalam kejadian seperti itu, aset pribadi mitra dapat disita untuk melawan klaim. Jika satu mitra tidak memiliki aset apa pun, aset mitra kedua akan disita untuk dapat mengembalikan pinjaman $100.000 secara penuh.

Jika perusahan tersebut disusun sebagai Perseroan Terbatas atau Kemitraan Terbatas, kedua mitra hanya akan kehilangan investasi awal masing-masing sebesar $ 20.000. Contoh ini menggambarkan manfaat mengadopsi struktur kewajiban terbatas. Dengan tanggung jawab terbatas, kekayaan pribadi pemilik bisnis tidak berisiko, yaitu hanya modal awal mereka yang hilang.

Referensi

Unlimited Liability. (2020). https://www.investopedia.com/terms/u/unlimited-liability.asp#:~:text=Unlimited%20liability%20refers%20to%20the,popular%20limited%20liability%20business%20structure. Diakses pada 16 April 2021