Apa yang dimaksud dengan Ketamin ?

Ketamin, dijual di bawah nama merek Ketalar, adalah obat yang terutama digunakan untuk memulai dan mempertahankan anestesi. Hal ini memberikan efek analgesik, sedasi, dan amnesia. Kegunaan lainnya adalah untuk nyeri kronis dan sedasi dalam perawatan intensif. Fungsi Jantung, pernapasan, dan saluran napas refleks umumnya tetap fungsional. Efek biasanya dimulai dalam waktu lima menit bila diberikan melalui suntikan dan bertahan hingga 25 menit.

Apa yang dimaksud dengan Ketamin ?

Ketamin adalah satu-satunya anestetik intravena yang selain bersifat analgesik kuat juga mampu merangsang sistem kardiovaskuler sesuai dengan dosis pemberiannya.

Frekuensi jantung, tekanan darah arteri, dan curah jantung meningkat secara bermakna dari nilai dasarnya. Puncak peningkatan variabel-variabel tersebut terjadi 2-4 menit setelah pemberian bolus intravena dan menurun secara perlahan pada nilai normalnya setelah 10- 20 menit. Peningkatan plasma, epineprin dan norepineprin terjadi dalam 2 menit pertama setelah pembersihan bolus intravena dan kadarnya akan kembali pada kadar dasar pada waktu kurang dari 15 menit.

Ketamin bekerja nyata untuk meningkatkan darah ke otak, konsumsi oksigen dan tekanan intrakaranial. Ketamin menurunkan frekuensi pernafasan, tonus otot saluran nafas akan terkontrol dengan baik dan reflek-reflek saluran nafas biasanya tidak terganggu. Penggunaan ketamin telah dikaitkan dengan kondisi disorientasi paska operasi, ilusi penginderaan, persepsi dan gambaran mimpi yang seolah hidup (yang disebut fenomena awal sadar / emergence phenomena).

Ketamin sangat berguna bagi pasien geriatrik yang beresiko kecil dan pasien lain yang beresiko besar terhadap syok septik atau syok kardiogenik, karena anastetik ini bersifat kardiostimulator. Dalam dosis kecil ketamin dapat diberikan pada pasien rawat jalan (dikombinasikan dengan propofol) dan pada anak yang akan menjalani prosedur yang menimbulkan nyeri (misalnya ganti balut pada luka bakar) dalam rangka meningkatkan efikasi dan mengurangi efek samping ketamin, para peneliti memisahkan kedua isomernya dan didapatkan bahwa ketamin S(+) mempunyai efek anestetik dan analgetik yang lebih kuat akan tetapi isomer tersebut juga memiliki efek samping psikotomimetik.

Refleks faring dan laring tetap normal atau sedikit meninggi pada anestesia dengan ketamin. Pada dosis anestesi, ketamin bersifat merangsang sedangkan dengan dosis berlebihan akan menekan pernapasan. Sebagian besar ketamin mengalami dealkilasi dan hidrolisi dalam hati, kemudian diekskresi terutama dalam bentuk metabolit dan sedikit dalam bentuh utuh.

Sifat Kimia dan Formulasinya

Ketamin ialah larutan yang tidak berwarna, stabil pada suhu kamar dan relatif aman. Ketamin merupakan derifat sikloheksan berupa lipofili 5-10 kali lebih tinggi dari pada thiopental. Pemberiannya dapat dilakukan secara iv dan im. Ketamin mempunyai pusat asimetri dimana enantiomer S lebih efektif daripada enantiomer R dan memberikan lebih sedikit reaksi saat pasien sadar kembali.anestetik yang diperdagangkan memang berupa campuran rasemik.

Farmakokinetika dan Farmakodinamik

Dosis induksi ketamin adalah 1-2 mg/KgBB IV atau 3-5 mg/KgBB IM. Stadium depresi dicapai dalam 5-10 menit. Untuk mempertahankan anestesia dapat diberikan dosis 25-100 mg/KgBB/menit. Stadium operasi terjadi dalam 12-25 menit. Mekanisme kerja ketamin bekerja sebagai antagonis nonkompetitif pada reseptor NMDA yang tidak tergantung pada tegangan akan mempengaruhi ikatan pada tempat ikatan fensiklidin. Reseptor NMDA adalah suatu reseptor kanal ion (untuk ion na+,ca2+,dan k+) maka blockade reseptor ini berarti bahwa pada saat yang sama, ada blockade aliran ion sepanjang membrane neuron sehingga terjadi hambatan pada depolarisasi neuron di SSP.

Mekanisme kerja ketamin mungkin dengan cara menghambat efek membrane eksitatori neurotransmitter asam glutamat pada suptipe reseptor NMDA . Ketamin merupakan obat yang sangat lipofilik dan didistribusikan dengan cepat ke dalam organ-organ yang kaya vaskuler, termasuk otak, hati dan ginjal kemudian obat ini di distribusikan kembali kedalam jaringan-jaringan yang kurang vaskularisasinya, bersamaan dengan metabolismenya di hati untuk selanjutnya dibuang ke urin dan empedu.

Efek Samping

Ketamin memberikan efek pada sistem kardiovaskuler melalui rangsangan dari sistem simpatis pusat dan sebagian kecil melalui hambatan pengambilan noreprineprin pada terminal saraf simpatis. Kenaikan Tekanan darah dan frekuensi jantung sekitar 30 % serta peningkatan Noradrenalin di dalan tubuh. Pada tahap pemulihan dapat timbul mimpi buruk dan halusinasi. Persepsi ilusi ini dapat berulang kembali pada tahap lanjutan sampai beberapa jam, bahkan setelah beberapa hari. Kejadian seperti ini dapat dicegah dengan pramedikasi dengan benzodiazepin. Serta produksi saliva yang bertambah banyak.

Ketamin tidak menimbulkan nyeri dan tidak menimbulkan iritasi, obat ini dapat merangsang kardiovaskuler yaitu dipertahankannya tekanan darah pada penderita dengan risiko buruk dan sebagai bronkodilator. Ketamin juga sering digunakan untuk pasien anak karena efek anestesia dan analgesia dapat dicapai dengan pemberian injeksi intramuskular. Ketamin juga dapat digunakan pada pasien geriatri yang beresiko tinggi mengalami syok, karena dapat memberikan stimulasi jantung.

Namun demikian, pada pemberian ketamin telah dilaporkan beberapa efek samping antara lain: transien erythema, keadaan mimpi buruk, halusinasi, dan delirium dapat disertai dengan fonasi dapat terjadi pada anestesi ketamin ringan.

Ketamin sebagai Induksi Anestesi

Anestesi umum dapat dilakukan dengan induksi intravena, inhalasi, dan intramuskular. Induksi intravena merupakan teknik yang mudah bagi ahli anestesi tetapi harus hati-hati karena dosis sering berlebihan. Induksi intravena tidak boleh diberikan pada pasien dengan gangguan pernafasan yang sulit di tangani.

Induksi ketamin pada dasarnya sama dengan induksi thiopental dengan dosis 1- 2 mg/KgBB. Untuk prosedur yang singkat, ketamin dapat diberikan secara intravena dan intramuskular setiap beberapa menit untuk mencegah rasa sakit. Pada induksi intramuskular dibutuhkan ketamin dengan dosis 6-8 mg/KgBB. Pada dosis 8 mg/KgBB, ketamin meningkatkan sekresi saliva, sehingga dibutuhkan injeksi atropin.

Pemberian secara intramuskular dapat bertahan lebih lama. Jika ketamin digunakan sebagai anestesi tunggal, kadang-kadang menimbulkan mimpi buruk dan halusinasi. Halusinasi dapat dikurangi dengan pemberian diazepam sebelum atau pada akhir anestesi.