Apa yang Dimaksud dengan Kesamaan Harga Faktor Produksi (Factor Price Equalization)?

image

Apa yang Dimaksud dengan Kesamaan Harga Faktor Produksi (Factor Price Equalization)?

Perdagangan bebas cenderung mengakibatkan harga faktor-faktor produksi sama di beberapa negara. Dari teori faktor proportions Hecksher-Ohlin, selama negara A memperbanyak produksi barang X akan mengakibatkan bertambahnya permintaan tenaga kerja, sebaliknya makin berkurangnya produksi barang Y berarti makin sedikit permintaan akan kapital. Hal ini akan cenderung menurunkan upah (harga daripada tenaga kerja) dan menaikkan harga daripada capital ( rate of return) . Keadaan ini dapat dijelaskan pada Gambar 5.
image

Sebelum berdagang upah dan harga kapital di negara A adalah S1 dan R1 dengan kurva penawaran dan permintaan S dan D1, sedang di negara S1 dan R1. upah di negara A lebih rendah dan harga kapital lebih tinggi daripada negara B.

Setelah kedua negara tersebut mengadakan perdagangan produksi barang X (labor intensive product) bertambah dan barang Y (capital intensive product) berkurang. Konsekuensinya, bagi negara A bahwa permintaan tenaga kerja bertambah dan permintaan kapital berkurang. Kurva permintaan tenaga kerja bergeser ke D2 sehingga upah naik menjadi S2 dan jumlah tenaga kerja yang digunakan adalah L2.

Selanjutnya dengan berkurangnya permintaan kapital, maka kurva permintaan akan kapital bergeser ke D2 sehingga harga capital turun menjadi R2 dan jumlah kapital yang digunakan adalah C2.

Negara B yang memiliki lebih banyak faktor produksi kapital dengan makin banyaknya produksi barang Y, permintaan akan kapital bertambah sehingga harganya cenderung naik. Sebaliknya makin sedikit produksi barang X, maka permintaan akan tenaga kerja berkurang sehingga harganya turun. Sebelum berdagang upah lebih tinggi di B, tetapi harga kapital lebih tinggi di A Dengan berdagang tendensi upah dan harga kapital akan sama di kedua Negara tersebut.