Apa yang dimaksud dengan Keratocystic Odontogenic Tumor?

Tumor odontogenik terjadi akibat adanya gangguan (interupsi) pada sekuens normal odontogenesis atau adanya reaktifasi jaringan yang terlibat dalam sekuens normal odontogenesis.

Apa yang dimaksud dengan Keratocystic Odontogenic Tumor ?

Keratocystic Odontogenik Tumor merupakan tumor dengan lobus tunggal atau lebih, lesi yang berasal dari tulang maupun gigi. Berasal dari sisa sisa lamina dental dan dapat terjadi pada semua daerah di rahang. Sebelumnya dikenal sebagai odontogenic keratocyst (OKC), yang lebih menekankan sifat-sifat jinak pada lesi ini.

Pada tahun 2005 WHO merekomendasikan istilah baru KCOT karena lebih akurat menerangkan tentang sifat-sifat yang berhubungan dengan keganasan, pada gambaran radiografinya lesi ini tidak terlalu jelas menggambarkan mengenai kista odontogenik dan beberapa tumor odontogenik. Lokasi tersering terkenanya tumor ini adalah pada ramus dan corpus mandibula bagian posterior. Pada maksila terjadi di bagian posterior atau region kaninus.

Gambaran Klinis dan Radiografis


Keratocystic Odontogenik Tumor berasal dari lesi odontogenik lainnya dengan perhatian khusus pada pertumbuhannya dan kemampuannya untuk rekuren,tumor ini dapat memperlihatkan pertumbuhan yang agresif, meyebabkan keterlibatan tulang dan destruksi, suatu laporan kasus memperlihatkan angka rekurensi antara 5%-60%.

_Keratocystic Odontogenik Tumor_terjadi pada semua kelompok umur, puncak insidensi terjadi pada dekade kedua dan ketiga. Jika terjadi multiple KCOT pada pasien maka kita harus pertimbangkan apakah itu termasuk dalam Nevoid Basal Cell Carcinoma (NBCCS).

Umur rata-rata pasien dengan multiple KCOT dengan atau tanpa NBCCS lebih rendah dari pada yang tunggal, KCOT yang tidak rekuren. Secara radiografi KCOT memperlihatkan gambaran radiolusen yang mengelilingi massa dengan batas jelas, dan beberapa menyebabkan kerusakan tulang atau erosi dari korteks, tapi jarang terjadi resorbsi akar.

image
Gambar Gambaran panoramik dari Keratocystic Odontogenik Tumor laki-laki usia 18 tahun, tumor mengenai mandibular bilateral dan maksila dengan NBCCS

image
Gambar Gambaran CT scan dari pasien yang sama

Gambaran Histopatologi

Keratocystic Odontogenik Tumor memiliki gambaran mikroskopis yang tidak sama, ada yang dengan lapisan parakeratosis, epitel squamosal berlapis, dengan lapisan 6-8 sel yang tebal, permukaan yang terang yang diselubungi oleh lapisan parakeratin yang bergelombang, lapisan basal yang seperti pagar dan kuboid dengan tonjolan,dengan inti yang hiperkromatik dan berkurangnya papilla epidermis. Hubungan epitel gepeng dengan jaringan ikat meghasilkan batas dari epitel.

Pengelupasan dari parakeratin biasanya mengisi lumen kista dan terlihat pada saat operasi seperti krim. Pulau-pulau epitel yang lainnya dan kista dapat terlihat mengelilingi jaringan ikat dan dapat menjadi indicator dari adanya NBCCS.

Penatalaksanaan dan Prognosis

Penatalaksanaan Keratocystic Odontogenik Tumor adalah enukleasi dan kuretase tulang. Penatalaksanaan dari sisa- sisa kavitas tulang yang tidak diangkat dengan bersih dan tertinggal secara mikroskopis dapat menyebabkan rekurensi. Beberapa ahli meyarankan untuk dilakukan reseksi marginal untuk menghindari rekurensi. Jika lesi besar maka marsupialisasi dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan udara dari KCOT dan memudahkan untuk pengangkatan tumor pada operasi selanjutnya.

Infeksi sekunder, pasien dengan kebutuhan khusus dan beberapa kekurangan lainnya menyebabkan marsupialisasi digunakan secara terbatas. Banyak terjadi rekurensi dalam 5 tahun, tetapi beberapa laporan menyebutkan rekurensi dapat terjadi sepanjang 10 tahun setelah operasi.

Dengan demikian, kontrol perawatan dilakukan dengan rutin. Tingkat kekambuhan dari KCOT telah menjadi perdebatan pada beberapa teori, yaitu: pada pembuangan tumor yang tidak lengkap disebabkan oleh membrane yang tipis dan rapuh dan melekat pada jaringan disekitarnya, sisa kista berikutnya dengan enukleasi, dan sisa-sisa lamina dental tidak berhubungan dengan KCOT dalam menyebabkan pembentukan kista de novo.

Kista odontogenik ortokeratosis merupakan kista yang unik dan merupakan jenis yang lain dari KCOT. Kista jenis ini jarang terjadi daripada KCOT dan memiliki tingkat kekambuhan yang kebih rendah. Tidak seperti KCOT kista odontogenik ortokeratosis dikelilingi oleh lapisan epitel squamous ortokeratosis. Terdapat lapisan penonjolan granular dibawah permukaan yang tidak bergelombang, dan lapisan basal yang sedikit mengalami penonjolan.