Apa yang dimaksud dengan kepribadian melankolis ?

Kepribadian Melankolis

Kepribadian Melankolis merupakan tipe kepribadian yang memiliki karakter cenderung bersikap rapi, teratur, terencana, dan mampu mempertimbangkan segala sesuatu dengan melihat hal-hal kecil.

Apa yang dimaksud dengan kepribadian melankolis ?

Orang dengan tipe kepribadian melankolis umumnya memiliki sifat sensitif, romantis, dan teratur yang dominan. Si melankolis ini cenderung memiliki rasa empati yang tinggi. Ketika ada teman yang tertimpa masalah, tidak jarang si melankolis akan menjadi orang pertama yang merasakannya dan menjadi pendengar yang baik.

Selain itu, para melankolis juga seorang pengamat dan pendengar yang baik. Walaupun mereka cenderung pendiam, tetapi bukan berarti mereka acuh akan sekitarnya. Mereka dapat menganalisis hal-hal di sekelilingnya. Sebagai seorang pengamat, mereka menyimpulkan segala hal yang mereka lihat, dengar, dan rasakan sesuai definisi.

Namun, meski mereka teliti dalam mengamati, mendengar, dan menganalisis, terkadang sifat kehati-hatian mereka tersebut membuat mereka menjadi lambat dalam bertindak dan mengambil keputusan. Karena mereka membutuhkan waktu lebih lama dalam berfikir. Meski di lain sisi, tujuan mereka baik, yaitu untuk mendapatkan yang terbaik dan mencapai kesempurnaan.

Orang melankolis juga seorang pencinta keindahan. Karena itu, mereka akrab dengan seni dan otak kanan mereka lebih mendominasi daripada otak kiri mereka. Namun, hal ini bukan berarti para seniman pasti memiliki karakter melankolis dan para ilmuwan tidak berkarakter melankolis. Salah satu kesenian yang kebanyakan digeluti si melankolis adalah sastra atau dunia tulisan. Sangat mudah untuk mengetahui karya para melankolis ini karena biasanya tulisan mereka sangat menyentuh dan cenderung pesimis.

Melankolis si perfectionist

Tipe kepribadian Melankolis merupakan tipe kepribadian yang memiliki karakter cenderung bersikap rapi, teratur, terencana, dan mampu mempertimbangkan segala sesuatu dengan melihat hal- hal kecil. Secara penampilan fisik, orang dengan tipe melankolis sempurna tampak rapi, baju mulus, sepatu bersih, barang bawaan tertata rapi, buku tertata dengan rapi, tulisan rapi.

Orang dengan tipe ini bisa dilihat dari kondisi kamarnya yang rapi dan bersih. Secara akademis tipe melankolis tergolong pandai dan cerdas. Orang dengan tipe melankolis suka mengatur orang lain, suka mengingatkan orang lain jika tidak sesuai, suka mengontrol semuanya sendiri, tidak mau kalah, bicaranya dingin, sesuai aturan atau baku. Selalu ingin tahu dan mengejar jawaban sampai mendalam karena menginginkan kesempurnaan.

Tipe Emosi Melankolis

Orang dengan tipe melankolis memiliki pikiran yang mendalam dan rumit, seorang analitik atau suka menganalisis berbagai hal, serius dan tekun, cenderung cerdas dan jenius, memiliki bakat dan tingkat kreatifitas yang tinggi, artistik dalam seni maupun musik, filosofis dan puitis, menghargai keindahan, sensitif terhadap perasaan orang lain, rela berkorban untuk orang lain, penuh dengan kesadaran, memiliki idealisme yang tinggi atau idealis.

Tpe kepribadian Melankolis atau Melankolik adalah orang yang terobsesi dengan karya yang paling baik, yang paling sempurna dan mereka adalah seseorang yang mengerti estetika keindahan hidup ini. Perasaannya sangat kuat, sangat sensitif maka kita bisa menyimpulkan bahwa cukup banyak seniman yang memang berdarah melankolik.

Kelemahan orang melankolik, ia mudah sekali dikuasai oleh perasaan dan cukup sering perasaan yang mendasari hidupnya sehari-hari adalah perasaan murung;

Karakter dari tipe kepribadian melankolis adalah :

  • Semua hal yang bersangkutan dengan dirinya dipandangnya penting dan selalu disertai dengan kebimbangan,

  • Perhatiannya terutama tertuju kepada segi kesukaran-kesukarannya,

  • Tidak mudah membuat janji, karena dia berusaha akan selalu menepati janji yang telah dibuatnya, tetapi hal ini dilakukannya tidak atas dasar pertimbangan moral melainkan karena kalau tidak menepati janji itu sangat merisaukan jiwanya, hal ini juga menyebabkan dia kurang percaya dan tidak mudah menerima keramah-tamahan orang lain,

  • Suasana perasaannya umumnya juga bertentangan dengan suasana perasaan sanguinis, hal ini menyebabkan mengurangi kepuasan akan keadaannya, dan kurang dapat melihat kesenangan orang lain

Selain itu, Karakter lainnya antara lain ; pemurung, sedih, pesimistis, kurang percaya diri, sedangkan sifat lainnya : merasa tertekan dengan masa lalunya, sulit menyesuaikan diri, berhati-hati, konsekuen dan suka menepati janji