Apa yang dimaksud dengan kepribadian Machiavellianism

machiavellianism

Kita telah lama mengenal tipe kepribadian extrovert, introvert, dan openness. Ketiga kepribadian tersebut memang merupakan tipe yang sangat populer di masyarakat luas. Namun, pernahkah kita mendengar trait kepribadian machiavellianism ?

Niccolo Machiavelli menlahirkan istilah “machiavellian” untuk menggambarkan karakter negatif yang meliputi manipulasi, kelicikan, duplikasi atau peniruan, dan bad faith (keyakinan yang buruk). Saat-saat ini, para sosiologis telah mengembangkan profil machiavellian untuk mengidentifikasi lingkup karakteristik machiavellian dalam kepribadian individu (Christie dan Geis 1970).

Penelitian yang mengkaji pengaruh karakteristik machiavellian menunjukkan bahwa seringkali perilaku machiavellian merupakan variabel yang secara signifikan mempengaruhi pilihan karir serta perilaku dalam lingkungan kerja. Para peneliti juga menemukan bahwa individu yang memiliki karakteristik machiavellian yang tinggi dapat ditunjukkan pada pekerjaan yang membutuhkan kemampuan manipulasi yang tinggi pula (Christie dan Geis 1970).

Machiavellianis merupakan bagian dari kepribadian individu yang berkaitan dengan pilihan pekerjaan, sebagai pendekatan seseorang terhadap pekerjaan serta interaksi mereka dengan para kolega (Holland 1968, 1973). Karakteristik pribadi mempengaruhi keberhasilan maupun kegagalan di tempat kerja (Mynatt et al. 1997) dimana kepribadian tersebut sesuai dengan perilaku yang dibutuhkan dalam pekerjaan yang bersangkutan.

Sebagai contoh, calon dokter penyakit jiwa memiliki skor yang tinggi pada karakteristik machiavellian dan calon dokter bedah memiliki skor yang rendah untuk karakteristik machiavellian (Christie dan Geis 1970). Christie dan Geis (1970) menjelaskan bahwa kemampuan manipulasi merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi dokter ahli jiwa yang berhasil, maka fakultas ilmu penyakit jiwa akan menarik individu-individu yang memiliki karakteristik machiavellianis yang tinggi. Para peneliti juga telah mempelajari lingkup Machiavellianism di antara individu yang bekerja pada profesi tertentu (Gable dan Topol 1991); Singhapkadi dan Vitell 1992; Gable dan Topol 1988).

Hunt dan Chonko (1984) menyimpulkan bahwa professional pemasaran kurang memiliki karakteristik machiavellian dibanding populasi masyarakat umum. Skor machiavellian pada bankir dari Hong Kong secara signifikan lebih rendah dari manajer pembelian US (Chonko 1982), Manajer swalayan US (Gable dan Topol 1988), Pemasaran US (Hunt dan Chonko 1984) dan mahasiswa US (Okanes dan Murray 1982). Rata-rata skor machiavellienism pada mahasiswa bisnis dan hukum secara signifikan lebih tinggi daripada mahasiswa ilmu sosial (Wertheim et al, 1978).

Machiavellianisme merupakan gabungan dari beragam sikap dan perilaku menipu dan manipulatif (Kessler, 2010) Machiavellianisme sering juga diidentikkan sebagai istilah umum untuk suatu sikap individu yang melakukan tindakan berupa mengambil setiap keutungan untuk diri sendiri tanpa memperhatikan hak atau klaim dari individu atau masyarakat (Kolb, 2008).

Sifat Machiavellian dan tipe kepribadian merupakan sifat kepribadian utama yang dapat memengaruhi perilaku suatu organisasi (Robbins, 2008). Perilaku disfungsional merupakan salah satu perilaku tidak etis.