Apa yang dimaksud dengan Kepribadian ESTP?

ESTP

ESTP: Extraversion, Sensing, Thinking, Perception

Pengindera (sensing) extravert didukung oleh pemikiran

Orang dengan kepribadian ESTP membuat keputusan berdasarkan pemikirannya daripada perasaannya, maka dari itu mereka lebih sadar akan konsekuensi logis dari tindakan dan keputusan mereka. Berpikir membuat ESTP unggul dalam memahami prinsip dasar, membantu dalam matematika dan teori, dan memudahkan mereka untuk menjadi pribadi yang tangguh jika situasi mengharuskan mereka untuk menjadi tangguh.

Dalam menyelesaikan masalah mekanik dan masalah konkret, mereka tergolong kuat dan praktis, juga menghindari segala sesuatu yang rumit. ESTP lebih suka tindakan daripada percakapan, jika permasalahan yang dihadapi jelas, mereka akan menjadi lebih efektif dalam menyelesaikannya (Myers & Peter B. Myers, 1995).

ESTP terkenal dengan kepribadian yang Spontan. Beberapa ciri lainnya dari kepribadian ini adalah :

  • Spontan, Aktif, Enerjik, Cekatan, Cepat, Sigap, Antusias, Fun dan penuh variasi.
  • Komunikator, asertif, to the point, ceplas-ceplos, berkarisma, punya interpersonal skill yang baik.
  • Baik dalam pemecahan masalah langsung di tempat. Mampu menghadapi masalah, konflik dan kritik. Tidak khawatir, menikmati apapun yang terjadi.
  • Cenderung untuk menyukai sesuatu yang mekanistis, kegiatan bersama dan olahraga.
  • Mudah beradaptasi, toleran, pada umumnya konservatif tentang nilai-nilai. Tidak suka penjelasan terlalu panjang. Paling baik dalam hal-hal nyata yang dapat dilakukan.

Saran Pengembangan:

  • Belajarlah memahami perasaan dan pemikiran orang lain terutama saat bicara dengan mereka.
  • Belajarlah untuk sabar, menikmati proses, tidak semua hal bisa dicapai dengan cepat.
  • Sesekali luangkan waktu untuk merenung dan merencanakan masa depan Anda.
  • Cobalah untuk mencatat pengamatan-pengamatan Anda termasuk detailnya.

Saran Profesi:

Marketing, Sales, Polisi, Entrepreneur, Pialang Saham, Technical Support

Pasangan/Partner Alami:

ISFJ atau ISTJ

Sosok kepribadian ESTP sangat suka bersosialisasi, sering melakukan hal-hal secara spontan, dan bicara langsung tanpa basa-basi. Beberapa orang akan menganggap mereka sebagai sosok yang kasar atau ceroboh. ESTP kurang menyukai perbincangan akan hal yang bersifat teori, nalisis mendalam, atau kemungkinan masa depan yang rumit. Mereka lebih suka menikmati apa yang ada saat ini dan bekerja sekuat tenaga untuk itu, dibanding harus memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Dalam pekerjaan ESTP cenderung cepat membuat rincian pekerjaan dan menikmati pekerjaannya. Mereka tidak segan untuk mengambil langkah mundur, guna memperbaiki kesalahan mereka, bila hal itu diperlukan. Satu kelebihan dari ESTP ialah kemampuan mereka untuk cepat menyadari perubahan raut wajah, emosi, penampilan, dan polah tingkah laku orang di dekatnya.

Sosok ESTP cenderung sebagai orang yang tahu mana yang baik dan buruk, namun terkadang mereka tidak mengindahkan suatu aturan. Mereka menganggap tradisi atau aturan merupakan saran kehidupan, bukan sebagai sesuatu yang sakral. Bila ESTP meyakini suatu hal yang harus diselesaikan dan hal tersebut memang harus dilakukan, ESTP tidak akan segan untuk melakukan hal tersebut, tidak peduli dengan apa yang orang lain pikir mengenai mereka.

ESTP kurang menyukai teori. Teori dan analisis yang rumit adalah hal yang membosankan dan kurang berguna bagi mereka. Hal tersebut kadang membuat mereka kesulitan dalam hal akademik. Namun, mereka akan bersemangat dalam kegiatan yang dilakukan langsung. Jiwa mereka yang gemar bersosialisasi menjadikan mereka memiliki lingkaran pergaulan yang besar. Mereka mudah untuk dekat dan meyakinkan orang lain, memungkinkan mereka menjadi pedagang, konsultan, ataupun pengusaha yang baik.

Sifat mereka yang sering spontan menjadikan mereka sering mengambil keputusan yang memiliki resiko tinggi, semisal berjudi. Sedangkan sifat mereka yang sering terlalu terbuka, bicara apa adanya, dapat memicu pertengkaran dengan orang terdekatnya.