Apa yang dimaksud dengan Kencing Nanah atau Gonore ?

Kencing nanah atau gonore (gonorrhea) adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). Gonore bisa menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian. Pada wanita, gonore bisa menjalar ke saluran kelamin dan menginfeksi selaput di dalam pinggul sehingga timbul nyeri pinggul dan gangguan reproduksi.

Apa yang dimaksud dengan Kencing Nanah atau Gonore ?

Gonore adalah semua penyakit yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini termasuk Penyakit Menular Seksual (PMS) yang memiliki insidensi tinggi.Cara penularan gonore terutama melalui genitor-genital, orogenital dan ano- genital, namun dapat pula melalui alat mandi, termometer dan sebagainya (gonore genital dan ekstragenital).Daerah yang paling mudah terinfeksi adalah mukosa vagina wanita sebelum pubertas.


Gambar Kencing Nanah atau Gonore

Hasil Anamnesis (Subjective)

Keluhan
Keluhan utama berhubungan erat dengan infeksi pada organ genital yang terkena. Pada pria, keluhan tersering adalah kencing nanah. Gejala diawali oleh rasa panas dan gatal di distal uretra, disusul dengan disuria, polakisuria dan keluarnya nanah dari ujung uretra yang kadang disertai darah.Selain itu, terdapat perasaan nyeri saat terjadi ereksi.Gejala terjadi pada 2-7 hari setelah kontak seksual.

Apabila terjadi prostatitis, keluhan disertai perasaan tidak enak di perineum dan suprapubis, malaise, demam, nyeri kencing hingga hematuri, serta retensi urin, dan obstipasi.

Pada wanita, gejala subyektif jarang ditemukan dan hampir tidak pernah didapati kelainan obyektif. Wanita umumnya datang setelah terjadi komplikasi atau pada saat pemeriksaan antenatal atau Keluarga Berencana (KB).

Keluhan yang sering menyebabkan wanita datang ke dokter adalah keluarnya cairan hijau kekuningan dari vagina, disertai dengan disuria, dan nyeri abdomen bawah.
Keluhan selain di daerah genital yaitu : rasa terbakar di daerah anus (proktitis), mata merah pada neonatus dan dapat terjadi keluhan sistemik (endokarditis, meningitis, dan sebagainya pada gonore diseminata – 1% dari kasus gonore).

Faktor Risiko

  1. Berganti-ganti pasangan seksual.
  2. Homoseksual dan Pekerja Seks Komersial (PSK).
  3. Wanita usia pra pubertas dan menopause lebih rentan terkena gonore.
  4. Bayi dengan ibu menderita gonore.
  5. Hubungan seksual dengan penderita tanpa proteksi (kondom).

Hasil Pemeriksaan Fisik dan Penunjang Sederhana (Objective)

Pemeriksaan Fisik
Tampak eritem, edema dan ektropion pada orifisium uretra eksterna, terdapat duh tubuh mukopurulen, serta pembesaran KGB inguinal uniatau bilateral.

Apabila terjadi proktitis, tampak daerah anus eritem, edem dan tertutup pus mukopurulen.

  • Pada pria:
    Pemeriksaan rectal toucher dilakukan untuk memeriksa prostat: pembesaran prostat dengan konsistensi kenyal, nyeri tekan dan bila terdapat abses akan teraba fluktuasi.

  • Pada wanita:
    Pemeriksaan in speculo dilakukan apabila wanita tesebut sudah menikah.Pada pemeriksaan tampak serviks merah, erosi dan terdapat secret mukopurulen.

Pemeriksaan Penunjang
Pemeriksaan mikroskopis sediaan langsung duh tubuh dengan pewarnaan gram untuk menemukan kuman gonokokus gram negarif, intra atau ekstraseluler.Pada pria sediaan diambil dari daerah fossa navikularis, dan wanita dari uretra, muara kelenjar bartolin, serviks dan rektum.

Pemeriksaan lain bila diperlukan:
Kultur, tes oksidasi dan fermentasi, tes beta- laktamase, tes thomson dengan sediaan urin


Gambar Gejala Kencing Nanah atau Gonore

Penegakan Diagnostik (Assessment)

Diagnosis Klinis
Diagnosis ditegakkan berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang.

Klasifikasi
Berdasarkan susunan anatomi genitalia pria dan wanita:

  1. Uretritis gonore
  2. Servisitis gonore (pada wanita)

Diagnosis Banding
Infeksi saluran kemih, Faringitis, Uretritis herpes simpleks, Arthritis inflamasi dan septik, Konjungtivitis, endokarditis, meningitis dan uretritis non gonokokal

Komplikasi

  • Pada pria :
    Lokal : tynositis, parauretritis, litritis, kowperitis.
    Asendens : prostatitis, vesikulitis, funikulitis, vasdeferentitis, epididimitis, trigonitis.

  • Pada wanita:
    Lokal : parauretritis, bartolinitis.
    Asendens: salfingitis, Pelvic Inflammatory Diseases (PID).
    Disseminata: Arthritis, miokarditis, endokarditis, perkarditis, meningitis, dermatitis.

Penatalaksanaan Komprehensif (Plan)

Penatalaksanaan

  1. Memberitahu pasien untuk tidak melakukan kontak seksual hingga dinyatakan sembuh dan menjaga kebersihan genital.

  2. Pemberian farmakologi dengan antibiotik: Tiamfenikol, 3,5 gr per oral (p.o) dosis tunggal, atau Ofloksasin 400 mg (p.o) dosis tunggal, atau Kanamisin 2 gram Intra Muskular (I.M) dosis tunggal, atau Spektinomisin 2 gram I.M dosis tunggal. Tiamfenikol, ofloksasin dan siprofloksasin merupakan kontraindikasi pada kehamilan dan tidak dianjurkan pada anak dan dewasa muda.

Rencana Tindak Lanjut :-

Konseling dan Edukasi :-

Kriteria Rujukan

  1. Apabila tidak dapat melakukan tes laboratorium.
  2. Apabila pengobatan di atas tidak menunjukkan perbaikan dalam jangka waktu 2 minggu, penderita dirujuk ke dokter spesialis karena kemungkinan terdapat resistensi obat.

Peralatan

  1. Senter
  2. Lup
  3. Sarung tangan
  4. Alat pemeriksaan in spekulo
  5. Kursi periksa genital
  6. Peralatan laboratorium sederhana untuk pemeriksaan Gram

Prognosis
Prognosis umumnya tidak mengancam jiwa, namun dapat menimbulkan gangguan fungsi terutama bila terjadi komplikasi.Apabila faktor risiko tidak dihindari, dapat terjadi kondisi berulang.

Sumber :
Panduan Praktik Klinis Bagi Dokter di Fasilitas Pelayanan Kesehatan primer

Referensi

  1. Djuanda, A., Hamzah, M., Aisah, S. 2007. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin.Edisi kelima. Jakarta. Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
  2. James, W.D., Berger, T.G., Elston, D.M. 2000.Andrew’s Diseases of the Skin: Clinical Dermatology. 10th Ed. Canada. Saunders Elsevier.
  3. Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.2011.Pedoman Pelayanan
    Medik. Jakarta.