Apa yang dimaksud dengan kelangkaan sumber daya?

Apa ang dimaksud dengan kelangkaan sumber daya?

Sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan sangat terbatas. Menurut anda apa yang dimaksud dengan kelangkaan sumber daya?

Sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan sangat terbatas. Kalaupun sumber daya dapat diperbarui, hal itu memerlukan waktu yang sangat lama sehingga tidak dapat mengejar kebutuhan manusia yang semakin bertambah. Sumber daya memiliki sifat-sifat khusus, yaitu merupakan barang langka (scarce) karena jumlahnya terbatas, dapat dipakai dalam penggunaan yang berbeda, dan dapat dikombinasikan dalam berbagai perbandingan untuk menghasilkan barang tertentu.

Kelangkaan sumber daya alam adalah kondisi di mana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memenuhi kebutuhan kita. Dengan kata lain kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia. Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit dicari atau ditemukan. Penyebab utama terjadinya kelangkaan yaitu terjadi akibat ulah manusia itu sendiri yang bersikap serakah mengeksploitasi Sumber Daya Alam secara berlebihan, jika sumber daya alam terus menerus dikeruk maka lama kelamaan akan habis bukan saja langka. Pendidikan pun akan terbengkalai dan mengakibatkan Sumber Daya Manusia akan berkurang atau langka. Sumber Daya Manusia merupakan modal dasar pembangunan nasional, oleh karena itu maka kualitas Sumber Daya Manusia senantiasa harus dikembangkan dan diarahkan agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

FAKTOR PENYEBAB :

  1. Keterbatasan Sumber Daya Lingkungan
    alam menyediakan sumber daya melimpah bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Akan tetapi, jumlah sumber daya semakin berkurang akibat sifat manusia yang serakah.

  2. Rendahnya Kemampuan Produksi
    Kemampuan produksi yang terbatas akan mengakibatkan rendahnya kapasitas produksi. Hal ini dapat menimpulkan ketidakterpenuhinya kebutuhan manusia.

  3. Lambatnya Perkembangan Teknologi Produsen
    butuh waktu untuk menerapkan teknologi produksi yang baru, sementara kebutuhan hidup manusia terus berkembang. Lambatnya perkembangan dan penerapan teknologi menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan manusia.

SOLUSI KELANGKAAN SUMBER DAYA

  1. Menghemat sumber daya
    Penghematan SDA dan SDM penting karena suatu saat nanti kita akan mewariskan bumi ini pada anak, cucu, cicit kita. Jika kita tidak menghemat dan menghabiskannya sekarang, maka anak cucu kita akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

  2. Ketahanan Pangan dan Teknologi
    Setiap individu harus siap sedia menyediakan makanan dan pangan yang bergizi. Pangan tidak hanya dihasilkan oleh pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan, tetapi juga oleh industri pengolahan pangan.

  3. Peningkatan Mutu Pendidikan
    Solusi agar tidak terjadi kelangkaan akibat rendahnya pendidikan adalah Peningkatan mutu pendidikan, yaitu setiap individu haruslah menyelesaikan pendidikannya,

Ringkasan

Fauzi Akhmad. 2004. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.