Apa yang dimaksud dengan kebebasan menurut hukum ?

hak_asasi_manusia

(Bima Satria) #1

Kebebasan

Kebebasan, menurut kbbi adalah keadaan bebas atau kemerdekaan. Apa yang dimaksud dengan kebebasan menurut hukum ?


(Angelina Kyla Justina) #2

Kamus John Kersey mengartikan bahwa "kebebasan‟ adalah sebagai „kemerdekaan, meninggalkan atau bebas meninggalkan.‟ Artinya, semua orang bebas untuk tidak melakukan atau melakukan suatu hal.

Selain dari kamus John Kersey, kebebasan juga didefenisikan oleh kamus Hukum Black:

"Kebebasan‟ diartikan sebagai sebuah kemerdekaan dari semua bentuk-bentuk larangan kecuali larangan yang telah diatur didalam undang-undang.

Selain itu pula, kebebasan dibedakan menjadi dua bentuk oleh Isaiah Berlin :

Kebebasan dibagi kedalam dua bentuk, kebebasan dalam bentuk yang positif dan kebebasan dalam bentuk yang negatif.

  • Kebebasan dalam bentuk yang positif artinya „apa atau siapa‟ yang bertindak sebagai sumber hukum, yang bisa menentukan seseorang untuk menjadi atau melakukan sesuatu.

  • Kebebasan dalam bentuknya yang negatif bersinggungan dengan ruang lingkup dimana seseorang harus dihormati untuk menjadi atau melakukan sesuatu seperti yang dikehendakinya tanpa ada paksaan atau larangan dari pihak lain. Kebebasan dalam arti yang negatif ini sesuai dengan pengertian kebebasan dari Kamus Kersey sedangkan kebebasan dalam bentuknya yang positif lebih condong ke pengertian yang diajukan oleh Kamus Hukum Black.

Secara luas penafsiran kebebasan sendiri pada dasarnya tidak ada yang baku. Penafsiran-penafsiran sejak dulu hingga sekarang baik yang berupa undang-undang konvensional Negara maupun kaidah-kaidah keadilan semuanya akan berakhir pada satu kesimpulan bahwa kebebasan itu tidak bersifat mutlak (terbatas) dan tidak merugikan orang lain. Kalau kebebasan dimaknai secara mutlak sama artinya dengan anarkisme yang selalu melabrak hak dan kebebasan orang lain.