Apa yang dimaksud dengan Keamanan Internet atau Internet Security ?

keamanan_jaringan

(Gamal Hadi) #1

Kejahatan komputer (cyber crime) pada dunia maya seringkali dilakukan oleh sekelompok orang yang ingin menembus suatu keamanan sebuah sistem. Aktivitas ini bertujuan untuk mencari, mendapatkan, mengubah, dan bahkan menghapus informasi yang ada pada sistem tersebut jika memang benar-benar dibutuhkan.

Apa yang dimaksud dengan Keamanan Internet atau Internet Security ?


(Yusriyah Rahmah) #2

Keamanan internet adalah semua masalah yang mencakup keamanan untuk transaksi yang dilakukan melalui Internet. Umumnya, keamanan Internet meliputi keamanan browser, keamanan data yang dimasukkan melalui form Web, otentikasi keseluruhan, dan perlindungan data yang dikirim melalui Internet Protocol.

Menurut Techopedia, keamanan Internet bergantung pada sumber daya yang spesifik dan standar untuk melindungi data yang akan dikirim melalui Internet, termasuk berbagai jenis enkripsi seperti Pretty Good Privacy (PGP). Aspek lain dari setup Web aman termasuk firewall, yang memblokir lalu lintas yang tidak diinginkan, dan anti-malware, anti-spyware dan program anti-virus yang bekerja dari jaringan tertentu atau perangkat untuk memonitor lalu lintas internet untuk lampiran berbahaya.

Keamanan internet umumnya menjadi prioritas utama bagi perusahaan dan pemerintah. Baik keamanan Internet melindungi rincian keuangan dan banyak lagi dari apa yang ditangani oleh bisnis atau server badan dan perangkat keras jaringan. Keamanan Internet tidak mencukupi dapat mengancam runtuh bisnis e-commerce atau operasi lainnya dimana data akan dialihkan melalui Web.

Macam-macam Produk Keamanan Internet


  1. Anti-Virus
    Antivirus Software dan program keamanan internet dapat melindungi perangkat diprogram dari serangan dengan mendeteksi dan menghilangkan virus. Beberapa aplikasi keamanan gratis di Internet untuk memilih dari untuk semua platform.

  2. Password Manager
    Password Manager adalah aplikasi perangkat lunak yang membantu user menyimpan dan mengatur password. Password Manager biasanya menyimpan password terenkripsi dan membutuhkan pengguna untuk membuat master password. Password idealnya sangat kuat yang memberikan akses pengguna ke seluruh database password mereka.

  3. Suite Security
    Jadi Suite Security pertama kali ditawarkan untuk dijual pada tahun 2003 (McAfee) dan mengandung suite firewall, anti-virus, anti-spyware dan banyak lagi. Mereka mungkin sekarang menawarkan perlindungan pencurian, penyimpanan portabel pengecekan keamanan perangkat, browsing internet pribadi, awan anti-spam,file shredder atau membuat keputusan yang berhubungan dengan keamanan (menjawab popup windows) dan beberapa yang gratis sebagai minimal 2012.

Remedies


Jaringan Lapisan Keamanan
TCP / IP protokol dapat dijamin dengan metode kriptografi dan protokolkeamanan.Protokol ini mencakup Secure Sockets Layer (SSL), digantikan oleh Transport Layer Security (TLS) untuk lalu lintasweb, Pretty Good Privacy (PGP) untuk email, dan IPsec untuk lapisan keamanan jaringan.

Internet Protocol Security (IPsec)
IPsec dirancang untuk melindungi TCP komunikasi / IP dengan cara yang aman. Ini adalah satu set ekstensi keamanan yang dikembangkan oleh Task Force Internet (IETF). Ini memberikan keamanan dan otentikasi pada layer IP dengan mengubah data menggunakan enkripsi. Dua jenis utama dari transformasi yang membentuk dasar dari IPsec: the Authentication Header (AH) dan ESP.Kedua protokol menyediakan integritas data, otentikasi data asal, dan layanan anti-replay. Protokol ini dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi untuk menyediakan diinginkan set layanan keamanan untuk Internet Protocol (IP) lapisan.

Komponen dasar dari arsitektur keamanan IPsec dijelaskan dalam hal fungsi berikut:

  • Protokol keamanan untuk AH dan ESP**
  • AsosiasiKeamanan untuk manajemen kebijakan dan pengolahan lalu lintas
  • Manual dan manajemen kunci otomatis untuk Pertukaran kunci internet (IKE)
  • Algoritma untuk otentikasi dan enkripsi
  • Himpunan layanan keamanan yang disediakan pada layer IP termasuk kontrol akses, integritas data asal, proteksi terhadap replay, dan kerahasiaan.

Jenis-jenis Firewall


  1. Packet Filter
    Paket filter adalah generasi pertama firewall yang memproses lalu lintas jaringan pada paket-per-paket. Pekerjaan utamanya adalah untuk menyaring lalu lintas dari sebuah host remote IP, sehingga diperlukan router untuk menghubungkan jaringan internal ke Internet. Router ini dikenal sebagai screeningrouter,yang meninggalkan dan layar paket memasuki jaringan.

  2. Stateful Packet Inspection
    Dalam firewall stateful yang circuit-level gateway adalah server proxy yang beroperasi pada tingkat jaringan dari Open System Interconnection (OSI) Model dan statis mendefinisikan apa yang lalu lintas akan diizinkan. Proxy sirkuit akan meneruskan Paket jaringan (unit diformat data) yang berisi nomor port yang diberikan, jika port diizinkan oleh algoritma.Keuntungan utama dari server proxy adalah kemampuannya untuk menyediakan Network Address Translation (NAT), yang dapat menyembunyikan pengguna alamat IP dari Internet, efektif melindungi semua informasi internal dari Internet.

  3. Application-Level Gateway
    Application-Level Gateawayadalah firewall generasi ketiga di mana server proxy beroperasi di bagian paling atas dari model OSI, suiteIP. Tingkataplikasi Sebuah paket jaringan diteruskan hanya jika koneksi didirikan menggunakan protokol yang dikenal. Application-level gateway yang terkenal untuk menganalisis seluruh pesan daripada paket individual dari data saat data sedang dikirim atau diterima.

Referensi
https://www.techopedia.com/definition/23548/internet-security
https://web.archive.org/web/20101027173353/http://www.pcworld.com/article/125817/allinone_security.html
http://www.pcworld.com/article/150204/build_your_own_free_security_suite.html

(Dictio Community) pisahkan topik ini #3

A post was merged into an existing topic: Apa yang dimaksud dengan Manajemen Proyek atau Project Management ?