Apa yang dimaksud dengan kata majemuk atau komposita?

Salah satu ilmu linguistik yang mempelajari bentuk kata adalah cabang morfologi. Pembentukan kata dapat dibentuk melalui bermacam cara, salah satunya adalah penggabungan dua kata atau lebih sehingga membentuk kata baru dengan arti yang baru pula. Proses pembentukan kata tersebut disebut dengan kata majemuk atau kompositum (dalam bentuk tunggal)/komposita (dalam bentuk jamak). Dalam Bahasa Jerman komposita sering digunakan sehari-hari untuk berkomunikasi.

Apa yang dimaksud dengan komposita?

Kata majemuk (Komposita)

Kata majemuk merupakan pembentukan kata kompleks yang terdiri dari setidaknya dua kata atau lebih. Karateristik dari kata majemuk atau komposita diantara lain:

1.Komposita tidak memiliki afiksasi atau proses penambahan imbuhan afiks ke akar kata.
2. Hasil dari pembetukan kata melalui proses pembentukan kata majemuk disebut dengan kompositum.
3. Komposita memiliki elemen sisipan.
3. Unsur sebuah kompositum disebut konstituen dapat berupa kata sederhana atau kata tersusun, atau kata hasil dari pembentukan kata lain. Umumnya, kata majemuk atau komposita terdiri dari beberapa konstituen. Konstituen pertama terdiri dari kata penentu yang biasanya memiliki peran untuk menjelaskan makna dari konstiuen kedua/akhir. Konstituen kedua atau konsitiuen dalam posisi terakhir (apabila pembentukan kata baru lebih dari dua konstituen) terdiri dari kata dasar memiliki peran untuk menentuka kelas kata dan kelompok kata dari sebuah komposita.

Jenis - jenis Komposita

Terdapat tiga jenis komposita diantaranya adalah:

1. Komposita Verba

Komposita Verba adalah pembentuka kata baru dari gabungan antara dua kata atau lebih yang membentuk sebuah kata dan kata tersebut merupakan kata dari kelas kata verba atau kelas kata kerja. Komposita verba terdiri atas satu atau lebih kata penentu dan hanya satu kata dasar, yaıtu kelas kata verba.

2. Komposita Nomina

Komposita nomina adalah pembentuka kata baru dari gabungan antara dua kata atau lebih sebuah kata dan kata tersebut merupakan kata dari kelas kata nomina atau benda. Komposita nomina terdiri atas satu atau lebih kata penentu dan hanya satu kata dasar yaitu kelas kata nomina atau benda.

3. Komposita Adjektiva

Komposita adjektiva adalah pembentukan kata baru dari gabungan antara dua kata atau lebih yang membentuk sebuah kata dan kata tersebut merupakan kata dari kelas kata adjektiva atau kata sifat. Komposita adjektiva terdiri atas satu atau lebih kata penentu dan hanya satu kata dasar, yaıtu kelas kata adjektiva.

Referensi

Henschel dan Weydt. 1990. Handbuch der deutschen Grammatik. Berlin Walter de Gruyter