Apa yang dimaksud dengan kalimat persuasif?

Kalimat pesuasif

Kalimat pesuasif merupakan kalimat yang bertujuan untuk membujuk atau meyakinkan orang lain agar mau mengikuti apa yang kita inginkan atau yang kita tuturkan. Dalam bahasa inggiris kalimat persuasif berasal dari kata persuade yang artinya mengajak.

Terkadang kallimat persuasi di samakan dengan kalimat perintah padahal antara kalimat persuasi dan kalimat perintah memiliki perbedaaan. Perbedaan itu ada pada siffat dari kalimat persuasi dan kalimat perintah itu sendiri. Jika kalimat persuasi sifatnya lebih membujuk atau tidak memintanya secara langsung lain halnya dengan kalimat perintah yang sifatnya menyuruh secara langsung.
Untuk hal ini kalimat persuasif juga hamper sama dengan slogan, namun bila slogan hanya terdiri dari 4 hingga 5 kata-kata yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Dala hal ini beda halnya dengan kalimat persuasive yang bebas terdiri dari berapa suku kata tetapi tidak menghilangkan unsur menarik mengajak dan mengikuti perkembangan zamannya.

Kalimat Persuasif bertujuan untuk meyakinkan atau mengajak audiens tentang apa yang kita sampaikan. Karena biasanya kalimat persuasif terdapat dalam produk periklanan supaya dapat lebih membujuk orang lain untuk membeli produk yang iklankan, kalimat-kalimat yang terdapat juga harus menarik dan mengikuti perkembangan zaman.

Suatu kalimat dapat dikatakan kalimat persuasif apabila memiliki beberapa cirri-ciri sebagai berikut yang antaranya yaitu:

  • Kalimat persuasif bersifat ajakan.
  • Karena hampir sama dengan kalimat perintah, kalimat persuasi menggunakan tanda seru.
  • Kalimat persuasi biasa digunakan dalam bahasa-bahasa iklan, slogan, himbauan dan lain-lain.
  • Kalimat persuasi sering menggunakan kata-kata persuasif, diantaranya ialah ayo, marilah, dan lain-lain.
  • Kalimat persuasif ditulis dengan sangat menarik, bahkan diberi rima yang sehingga orang-orang yang membacanya pun akan selalu mengingatnya.