Apa yang dimaksud dengan kalimat deklaratif aktif semitransitif?

Kalimat deklaratif

Kalimat deklaratif merupakan kalimat yang berisi pernyataan yang bersifat faktual atau opini. Nama lain dari kalimat ini adalah kalimat berita. Kalimat pernyataan tidak perlu tanggapan atau respon saat kalimat ini disampaikan.

Salah satu jenis-jenis kalimat deklaratif adalah kalimat deklaratif aktif semitransitif. Jenis kalimat deklaratif ini merupakan jenis yang tidak perlu dicantumkan objek dalam susunan kalimatnya. Susunan kalimat dari jenis kalimat deklaratif ini adalah S-P-Pel seperti halnya contoh kalimat aktif semitransitif pada umumnya. Ciri khas lain dari jenis kalimat deklaratif aktif ini adalah kalimat ini tidak bisa diubah ke dalam bentuk jenis-jenis kalimat pasif. Predikat pada kalimat ini biasanya berimbuhan ber-, me-, me-i, dan ber-an. Kata yang digunakan pada predikat kalimat ini merupakan jenis-jenis kata kerja.

Kalimat Aktif Deklaratif Semitransitif adalah kalimat aktif yang tidak perlu dicantumkan objek di dalamnya. Adapun unsur lain yang dimasukkan ke alam kalimat ini adalah pelengkap (pel).

Contoh:

  1. Adik bermain sendirian. (S= adik, P= bermain, Pel= sendirian).
  2. Jimi berbadan kurus. (S= Jimi, P= berbadan, Pel= kurus).
  3. Kami makan dengan menu seadanya. (S= kami, P= makan, Pel= dengan menu seadanya).
  4. Aku berjalan hingga sempoyongan. (S= aku, P= berjalan, Pel= hingga sempoyongan).