Apa yang dimaksud dengan jenis cinta Philautia?

Philautia

Philautia merupakan jenis cinta yang ditujukan kepada diri sendiri. Jenis cinta ini terjadi ketika manusia memperhatikan diri sendiri baik fisik maupun rohani secara seksama dan menganggapnya sangat berarti.

Apa yang dimaksud dengan jenis cinta Philautia ?

Hubungan cinta ternyata memiliki berbagai jenisnya lo kalau dilihat dari kepercayaan Yunani Kuno. Menurut pakar hubungan, Carol Morgan, kunci utama dalam hubungan yang sehat adalah memahami berbagai jenis cinta. Karena setiap orang pada dasarnya memberi dan menerima cinta secara berbeda-beda. Menurut kepercayaan orang Yunani Kuno ada delapan jenis cinta yang berbeda, itu mungkin bisa kamu temukan bersama pasanganmu saat ini. salah satunya cinta Philautia

Philautia, berarti mencintai diri sendiri

8 Jenis Cinta Menurut Kepercayaan Yunani, Termasuk yang Mana Kamu dan Pasangan?

Philautia meningkatkan kepercayaan diri (foto: pexels/Hassan OUAJBIR)

Sebelum bisa mencintai orang lain, yang pertama harus dilakukan adalah mencintai diri sendiri. Di satu sisi, mencintai diri sendiri bisa memberikan efek positif, namun di sisi lain malah memberikan dampak negatif.

Terlalu mencintai diri sendiri bisa disebut sebagai kesombongan, narsis, dan egois. Sebaliknya, dilansir dari psychologytoday, dengan mencintai diri sendiri kepercayaan diri kita akan meningkat dan kita akan belajar untuk menerima diri serta menghargai diri kita sendiri.

Philautia merupakan tipe cinta pada diri sendiri yang bisa sehat maupun tidak sehat. Cinta pada diri sendiri bisa dibilang mirip dengan kesombongan. Kasus di Yunani Kuno, seseorang yang memiliki kesombongan dan menempatkan dirinya tinggi diatas dewa-dewa akan dihukum. Sementara banyak juga yang percaya, memiliki kesombongan akan berujung pada kehancuran.

Untuk kecintaan pada diri sendiri yang sehat adalah cinta yang memiliki hubungan kognitif positif. Biasannya melibatkan bagaimana kita berpikir, berperasa, bertindak, dan reflek terhadap diri kita sendiri, orang lain, dan dunia.

Sumber : https://loop.co.id/articles/cinta-berdasarkan-filosofi-yunani-kuno/full