Apa yang dimaksud dengan jaringan Client Server?

dalam dunia komputer dan jaringan tentu sudah tak asing lagi dengan istilah Client Server. Namun, masih banyak orang awam yang belum mengetahui maksud dari jaringan Client Server padahal kegiatan seperti mengetik www.dictio.id pada kolom pencarian di browser dan server merespon dengan menampilkan halaman dari web tersebut merupakan gambaran dari jaringan Client Server.

Lantas apakah yang dimaksud dengan jaringan Client Server?

Jaringan Client Server adalah jaringan yang memiliki komputer yang bertindak sebagai server dan komputer yang bertindak sebagai client.

Sebagai server artinya komputer menjadi penyedia layanan untuk komputer klien-kliennya yang berada dalam satu lingkup jaringan. Server merupakan sebuah komputer yang dirancang khusus untuk melayani client dengan memproses request yang telah diterima dari client lalu kemudian mengirimkan kembali respon data kepada client melalui jaringan. Layanan dari komputer server bisa berupa data, akses atau bahkan multiservice seperti file server, mail server atau web server.

Sebagai klien artinya komputer tersebut menjadi penerima layanan, baik berupa data atau fasilitas dari komputer server.

Jadi, jaringan client-server adalah dua atau lebih komputer yang terhubung dalam satu jaringan dimana salah satu komputer yang disebut server adalah komputer yang mengatur jaringan tersebut, dan komputer yang lain disebut client.

Sumber :


Jaringan client server terdiri dari dua bagian penting yakni perangkat client dan server.Perangkat client biasanya berupa perangkat komputer dengan aplikasi software jaringan yang telah terinstal guna untuk meminta dan menerima data melalui jaringan.Kemudian server merupakan sebuah komputer yang dirancang khusus untuk melayani client dengan memproses request yang telah diterima dari client lalu kemudian mengirimkan kembali respon data kepada client melalui jaringan.

Sehingga jaringan client server dapat didefinisikan sebagai suatu arsitektur jaringan komputer dimana perangkat client melakukan proses meminta data, dan server yang memiliki tugas untuk memberikan respon berupa data terhadap request tersebut.

Sumber :

Jaringan client server merupakan suatu bentuk dari arsitektur komputer. Client di sini punya arti sebagai perangkat yang berperan sebagai penerima. Setelah itu perangkat tersebut mampu menjalankan dan menampilkan aplikasi atau software komputer. Sedangkan server bertindak sebagai penyedia dan pengelola data, aplikasi dan sistem keamanannya.

Pada umumnya, antara client dan server ini dihubungkan dengan kartu jaringan atau network card dan kabel UTP. Di dunia teknologi informasi biasanya pengertian client server ditujukan pada sistem distribusi aplikasi pada client dan server dan dibagi jadi 2 bagian. Tapi bagian ini meski dibuat secara terpisah, namun tetap berada dalam suatu kesatuan.

Adapun bentuknya berupa komponen client dan komponen server. Komponen client ini pada umumnya dijalankan oleh workstation. Selanjutnya pengguna workstation akan memasukan file atau data melalui teknologi khusus. Setelah itu dikirim ke komponen server dalam wujud permintaan.

Oleh komponen server, permintaan tersebut langsung diproses. Selanjutnya hasil pemrosesan ini dikembalikan lagi ke client. Setelah client menerima hasil proses data, dapat ditampilkan pada pengguna melalui suatu aplikasi atau software.

Sebagai contohnya, ada sebuah aplikasi berbentuk web yang dibuat dengan ADP atau Active Server Pages. Skrip dari ADP ini dijalankan di web server atau internet information service. Sedangkan skrip yang dijalankan oleh client dilakukan dalam web browser atau workstation.

Dari contoh ini bisa diketahui jika pengertian client server adalah sebuah bentuk penyelesaian masalah yang ada disoftware melalui database. Sehingga tiap komputer tidak perlu menjalani proses installasi database. Sebab database tersebut sudah diinstal komputer server, sedangkan aplikasinya diinstal oleh client.

sumber:
blog.dsolusindo.com : Jaringan Client Server