Apa yang dimaksud dengan Intonasi?

Intonasi suatu ucapan adalah nada atau melodinya. Seiring dengan frase atau ritme, intonasi adalah bagian dari fenomena suprasegmental yang secara kolektif disebut sebagai prosodi. Gerakan pitch yang menandakan peristiwa prosodi internal kalimat mengungkapkan struktur intonasional suatu ucapan.

Dalam bahasa Inggris, intonasi adalah alat utama untuk membedakan antara deklaratif (The people are revolting) dan interrogatives (The people are revolting?), Yang terakhir dihasilkan dengan intonasi naik di akhir dibandingkan dengan intonasi turun untuk yang pertama.

Dalam sebuah kalimat, batas frase intonasional ditandai dengan gerakan nada, serta oleh isyarat durasi (jeda atau perpanjangan elemen akhir frase). Misalnya, dalam bahasa Inggris, klausa restriktif (The students who live far away always arrive late) dan non-restrictive relative (The students, who live far away, always arrive late) memiliki kontur intonasional yang berbeda. Bahasa Inggris juga menggunakan intonasi untuk memberi sinyal pada elemen beraksen nada dalam kalimat. Pada Alice ate the pickle, misalnya, gerakan nada yang diasosiasikan dengan kata Alice akan berbeda, bergantung pada apakah kalimat itu menjawab Did Bernard eat the pickle? atau Did Alice eat the olives?

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology