Apa yang dimaksud dengan Intimacy versus isolation?

Intimacy versus isolation merupakan tahap keenam dari delapan tahap perkembangan psikososial Erik Erikson. Intimacy versus isolation terjadi selama masa dewasa muda. Selama tahap ini, si dewasa muda mencari hubungan yang lebih dalam dan lebih bermakna dengan orang lain.

Erikson mencatat bahwa keintiman yang sukses bergantung pada penyelesaian yang berhasil dari tahap sebelumnya yakni identitas versus kebingungan peran. Jika seseorang tidak menyelesaikan dan mendefinisikan identitas dan keyakinannya, maka dia akan memiliki waktu yang lebih menantang untuk berkomitmen pada orang lain dalam hubungan konsekuensial.

Erikson mendefinisikan tujuan untuk tahap ini sebagai terdiri dari menemukan persahabatan dengan orang lain yang serupa dan mengembangkan hubungan cinta. Jika persahabatan ini terjadi, kekuatan ego yang dihasilkan adalah rasa cinta. Namun, jika seseorang tidak membuat hubungan yang signifikan ini, maka dia kemungkinan besar akan menjadi penyendiri atau terlibat dalam hubungan yang dangkal.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology