Apa yang dimaksud dengan Interviewing sebagai teknik dalam Quantitative Risk Analysis?

image

Quantitative Risk Analysis merupakan sebuah proses numerik yang bertujuan menganalisis pengaruh risiko yang telah diidentifikasi pada tujuan proyek. Manfaat dari proses ini dapat menghasilkan informasi risiko kuantitatif untuk mendukung pengambilan keputusan. Proses ini dilakukan untuk mengurangi atas ketidakpastian proyek. Didalam proses ini terdapat input, tools & techniques, and output yang menggambarkan diagram aliran data dari proses Quantitative Risk Analysis. Salah satu tools & techniques yang dapat digunakan dalam Quantitative Risk Analysis adalah Data Gathering and Representation Techniques, teknik ini terdiri dari Interviewing dan Probability distributions. Nah, dibutuhkan pemahaman mendetil tentang Apa yang dimaksud dengan Interviewing dalam Quantitative Risk Analysis?

image

Interviewing atau yang sering dikenal dengan wawancara umumnya berupa pertemuan tatap muka yang mencakup kondisi tanya jawab. Dimana menggunakan pengalaman dan data historis untuk mengukur probabilitas dan dampak risiko terhadap tujuan proyek. Informasi yang dibutuhkan bergantung pada jenis distribusi probabilitas yang akan digunakan. Sebagai contohnya, informasi akan dikumpulkan pada scenario optimistic rendah dan pesimis tinggi. Jika pada gambar 11-13 terdapat tiga titik yang akan muncul pada project cost estimates. Pentingnya mendokumentasikan alasan risiko dan asumsi merupakan komponen penting dari wawancara risiko karena dianggap dapat memberikan wawasan tentang keandalan dan kredibilitas analisis. Wawancara ini akan dipandu oleh project manager dan beberapa tim proyek yang terlibat. Pertemuan secara langsung ini sangat membantu project manager untuk mendapatkan informasi langsung tentang pengalaman dan pengetahuan orang lain.

Maka, wawancara mencakup kegiatan berdasarkan:

  • Dilakukan oleh anggota tim proyek dan ahli risiko
  • Untuk mengukur P dan I dari risiko peringkat tertinngi
  • Mengumpulkan nilai dari 3 titik yang telah ditentukan untuk project cost estimates.

Sumber:

  1. Learncertification, 2015. Project Risk Management. [online] PMP Certification. Tersedia di: http://www.learncertification.com/study-material/perform-quantitative-risk-analysis-tools-and-techniques [Diakses 25 Maret 2018]

  2. Firebrand, 2016. 11.4 Perform Quantitative Risk Analysis. [online] PMP Certification. Tersedia di: http://www.firebrandtraining.co.uk/learn/pmp/course-material/project-risk-management/quantitative-risk-analysis [Diakses 25 Maret 2018]

  3. Project Management Institute, 2013. A Guide to the PROJECT MANAGEMENT BODY OF KNOWLEDGE. Project Management Institute, Inc.