Apa yang dimaksud dengan Internet Service Provider (ISP) ?

jaringan_komputer

(Abdul Latif) #1

Penyedia Layanan Internet atau Internet Service Provider adalah suatu perusahaan yang menawarkan jasa layanan internet kepada masyarakat agar dapat terhubung ke dalam jaringan internet.

Apa yang dimaksud dengan Internet Service Provider (ISP) ?


(Reyhan Ramadhan) #2

Internet Service Provider (ISP) adalah adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa untuk mengakses atau menggunakan Internet. ISP dapat diatur dalam berbagai jenis, seperti komersial, komunitas yang dimiliki masyarakat, non-profit, atau bahkan milik pribadi. Layanan ISP berupa akses internet, internet transit, registrasi untuk nama domain, web hosting, pelayanan Usenet, dan colocation.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Klasifikasi ISP


  • Penyedia Akses ISP

    ISP menyediakan akses internet, menggunakan berbagai teknologi untuk menghubungkan pengguna ke jaringan mereka. teknologi yang tersedia mempunyai cakupan dari modem komputer dengan skrup akustik untuk telepon garis, untuk kabel televisi (CATV), Ethernet nirkabel (wi-fi), dan serat optik.

    Untuk pengguna dan usaha kecil, pilihan tradisional termasuk kabel tembaga untuk memberikan dial-up, DSL, biasanya asymmetric digital subscriber line (ADSL), modem kabel atau Integrated Services Digital Network (ISDN) (biasanya tingkat dasar antarmuka). Menggunakan serat optik untuk pengguna akhir yang disebut Fiber To The Home atau nama yang mirip.

    Untuk pelanggan dengan persyaratan yang lebih menuntut (seperti media-untuk-usaha besar, atau ISP lainnya) dapat menggunakan lebih tinggi seperti kecepatan DSL (seperti single-pair kecepatan tinggi digital subscriber line), Ethernet, Ethernet metropolitan, gigabit Ethernet, Frame Relay , ISDN Primary Rate interface, ATM (Asynchronous transfer mode) dan jaringan optik sinkronis (SONET).

  • Penyedia Mailbox

    Sebuah penyedia mailbox adalah sebuah organisasi yang menyediakan layanan untuk hosting domain surat elektronik (email) dengan akses ke penyimpanan untuk kotak surat. Ini menyediakan server email untuk mengirim, menerima, menyetujui, dan menyimpan email bagi pengguna akhir atau organisasi lainnya.

    Banyak penyedia kotak surat juga merupakan penyedia akses, sementara yang lain tidak (misalnya, Yahoo! Mail, Outlook.com, Gmail, AOL Mail, kotak Po). Definisi yang diberikan dalam RFC 6650 meliputi email hosting, serta departemen terkait perusahaan, universitas, organisasi, kelompok, dan individu yang mengelola server email mereka sendiri. Tugas ini biasanya dilakukan dengan menerapkan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) dan mungkin menyediakan akses ke pesan melalui Internet Message Access Protocol (IMAP), Post Office Protocol, Webmail, atau protokol khusus.

  • Hosting ISP

    Internet layanan hosting menyediakan email, web-hosting, atau layanan penyimpanan online. layanan lainnya mencakup server virtual, layanan cloud, atau operasi server fisik.

  • Transit ISP

    Sama seperti mereka, pelanggan membayar mereka untuk mengakses Internet, ISP sendiri membayar hulu ISP untuk akses Internet. Hulu ISP biasanya memiliki jaringan yang lebih besar daripada kontrak ISP atau mampu menyediakan kontrak ISP dengan akses ke bagian Internet kontraktor ISP dengan sendirinya tidak memiliki akses tersebut.

  • Virtual ISP

    Sebuah virtual ISP (Visp) adalah sebuah operasi yang memmbeli layanan dari ISP lain, kadang-kadang disebut ISP grosir dalam konteks ini, yang memungkinkan pelanggan Visp untuk mengakses Internet menggunakan layanan dan infrastruktur yang dimiliki dan dioperasikan oleh grosir ISP. VISP menyerupai operator jaringan mobile virtual dan operator pertukaran lokal yang kompetitif untuk komunikasi suara.

  • Free ISP

    Free ISP adalah penyedia layanan internet yang menyediakan layanan gratis. Banyak ISP bebas menampilkan iklan sementara pengguna terhubung; seperti televisi komersial, dalam arti mereka menjual perhatian pengguna kepada pengiklan. ISP gratis lainnya, kadang-kadang disebut freenets, dijalankan atas dasar nirlaba, biasanya dengan staf sukarelawan.

  • ISP Nirkabel

    Sebuah penyedia layanan Internet nirkabel (WISP) adalah penyedia layanan Internet dengan jaringan berdasarkan jaringan nirkabel. Teknologi ini mungkin termasuk lumrah jaringan Wi-Fi nirkabel mesh, atau peralatan milik dirancang untuk beroperasi lebih terbuka ke 900 MHz, 2,4 GHz, 4,9, 5,2, 5,4, 5,7, dan 5,8 GHz band atau frekuensi berlisensi seperti 2,5 GHz (EBS / BRS), 3.65 GHz (NN) dan pada UHF band (termasuk band MMDS frekuensi) dan LMDS.

Cara Kerja ISP


Pertama kali yang dilakukan adalah menghubungkan komputer pengguna ke jaringan menggunakan modem atau router. Otomatis modem akan mengirim permintaan ke ISP. ISP akan memeriksa mengenai bagian alamat statis IP pengguna. Jika respon negatif, ISP akan berkomunikasi dengan server DHCP dan memberitahu alamat IP pengguna. Sebaliknya, permintaan akan diproses. Setelah diproses, ISP akan mengurus alamat IP bagian halaman yang telah diminta oleh pengguna. Setelah sukses. dia akan mengarahkan ke cache nya sendiri. Jika halaman tersedia di cache, dia akan mengirim data dari halaman itu ke alamat IP pengguna. Sebaliknya, dia akan menelusuri alamat IP yang diminta dan mengirim permintaan ke alamat IP tersebut. Jika permintaan ditolak, pengguna harus mencoba lagi sampai permintaan diterima. Jika diterima, dia akan mentransfer data ke ISP. ISP akan mengarahkan data ini ke alamat IP pengguna. Akhirnya pengguna mendapatkan data yang diminta di dalam komputernya.

ISP memiliki cache yang besar dan mentransfer data ke dan dari ratusan komputer dengan kecepatan super cepat. Sebuah jeda dalam pelayanan mereka dapat menyebabkan kerugian, dan ketidaknyamanan kepada pelanggan mereka, dan fungsi yang tidak tepat mereka dapat mengakibatkan jaringan semakin macet! Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga ISP benar dan memiliki peralatan yang diperlukan untuk melakukannya. perangkat pendingin dan pasokan listrik cadangan adalah salah satu komponen penting yang digunakan oleh ISP untuk memastikan kelancaran nya. komponen ini sangat penting untuk fungsi efektif dari ISP.

Referensi