Apa yang dimaksud dengan integrasi pasar?

Analisis integrasi pasar sangat penting untuk dilakukan karena akan mempermudah pengawasan terhadap perubahan harga dan sebagai dasar untuk merumuskan jenis infrastruktur pemasaran yang lebih relevan untuk pengembangan pasar pertanian. Lantas apa yang dimaksud dari integrasi pasar itu? dan apa saja jenis-jenisnya?

3 Likes

Integrasi pasar merupakan suatu ukuran yang menunjukkan seberapa jauh perubahan harga yang terjadi di pasar acuan (pasar konsumen) akan menyebabkan terjadinya perubahan harga pada pasar pengikutnya (pasar produsen) (Asmarantaka, 2009). Integrasi pasar akan tercapai jika terdapat informasi pasar yang sama, memadai, disalurkan dengan cepat ke pasar lain dan memiliki hubungan yang positif antara harganya di pasar yang berbeda (Baffes dan Bruce, 2003).

Menurut Barrett dan Li (2002), integrasi pasar didefinisikan sebagai kemampuan menjual produk antara pasar di mana permintaan, penawaran, dan biaya transaksi di pasar yang berbeda menentukan harga dan arus perdagangan secara bersamaan dan transmisi guncangan harga dari satu pasar
ke pasar yang lainnya.

Secara konseptual integrasi pasar dapat dibedakan atas dua jenis yaitu integrasi pasar secara spasial dan integrasi pasar secara vertikal. Integrasi pasar secara spasial merupakan tingkat keterkaitan hubungan antara pasar regional dan pasar regional lainnya, sedangkan integrasi pasar secara vertikal adalah keterkaitan hubungan antara suatu lembaga pemasaran dengan lembaga pemasaran lainnya dalam suatu rantai pemasaran (Simbolon 2005). Integrasi pasar secara vertikal digunakan untuk melihat tingkat keeratan hubungan antar suatu lembaga pemasaran dengan lembaga pemasaran lainnya dalam suatu rantai pemasaran. Integrasi pasar secara vertikal dipengaruhi oleh penyebaran informasi harga yang merata ke seluruh lembaga pemasaran (produsen–grosir–retail–konsumen). Apabila informasi tersebut tidak disebarkan secara sempurna sampai ke konsumen maka harga yang terbentuk di pasar tidak menunjukkan adanya integrasi pasar secara vertikal yang baik (Asmarantaka, 2009).

1 Like

Pengertian Integrasi Pasar

Integrasi pasar merupakan suatu ukuran yang menunjukkan seberapa jauh perubahan harga yang terjadi di pasar acuan akan menyebabkan terjadinya perubahan harga pada pasar pengikutnya. Sedangkan pendapat lain menyebutkan integrasi pasar merupakan suatu ukuran yang menunjukkan seberapa jauh perubahan harga yang terjadi di pasar acuan (pasar konsumen) akan menyebabkan terjadinya perubahan harga pada pasar pengikutnya (pasar produsen) (Asmarantaka, 2009). Integrasi pasar akan tercapai jika terdapat informasi pasar yang sama, memadai, disalurkan dengan cepat ke pasar lain dan memiliki hubungan yang positif antara harganya di pasar yang berbeda (Baffes dan Bruce, 2003).

Manfaat Integrasi Pasar

Integrasi pasar selalu terkait dengan efisiensi pasar. Untuk memahami integrasi pasar, perlu memahami efisiensi pasar. Oleh karenanya, dengan mempelajari integrasi pasar, maka akan mengetahui pula efisiensi pasar. Jika keduanya diketahui, maka akan membawa kepada perbaikan kondisi pasar di masa mendatang, termasuk didalamnya efek-efek permintaan, penawaran dan sejumlah pendugaan lainnya agar strategi yang dirancang dan diterapkan akan membawa kepada perekonomian yang lebih baik.

Referensi

Asmarantaka, R.W. 2009. Pemasaran Produk-produk Pertanian. Bunga Rampai Agribisnis: Seri Pemasaran. IPB Press,

Baffes J and Bruce G. 2003.The Transmission of World Commodity Prices to Domestic Markets Under Policy Reforms in Developing Countries. Journal of Economic Policy Return6(3): 159-180.
Bogor.

2 Likes

Integrasi pasar merupakan kemampuan menjual produk antara pasar dimana permintaan, penawaran, dan biaya transaksi di pasar yang berbeda menentukan harga dan arus perdagangan secara bersamaan dan transmisi guncangan harga dari satu pasar ke pasar yang lainnya. Definisi lainnya mengatakan istilah integrasi pasar digunakan untuk mengidentifikasi fenomena yang terjadi di pasar barang/jasa yang terkait satu sama lain, mengalami pola kenaikan dan penurunan harga produk yang serupa. Integrasi pasar ditentukan oleh perilaku pedagang dan kondisi pasar, infrastruktur pemasaran yang terkait degan fasilitas transportasi, komunikasi, dan tempat penyimpanan yang menyebabkan margin pemasaran yang tinggi.

Integrasi pasar dibagi menjadi dua, yaitu.

  1. Integrasi Pasar secara Spasial
    Tingkat keterkaitan hubungan antara pasar regional da pasar regioanal lainnya. Integrasi pasar spasial mengacu pada pergerakan harga di pasar yang terpisah secara spasial atau sejauh mana guncangan permintaan dan penawaran yang muncul disuatu pasar ditransmisikan ke pasar lain di lokasi yag berbeda secara geografis. Integrasi pasar spasial memiliki relevansi dengan sektor pertanian, karena komoditas pertanian yang bersifat bulky , mudah rusak, dan produksi terkonsentrasi disatu lokasi, sementara konsumsi terkonsentrasi ditempat lain yang sering kali mengakibatkan biaya transportasi yang mahal.
  2. Integrasi Pasar secara Vertikal
    Keterkaitan hubungan antara suatu lembaga pemasaran dengan lembaga pemasaran lainnya dalam suatu rantai pemasaran. Integrasi pasar vertikal dipengaruhi oleh penyebaran informasi harga yang merata ke seluruh lembaga pemasaran.
Referensi

Aryani, Desi. 2012. Integrasi Vertikal Pasar Produsen Gabah dengan Pasar Ritel Beras di Indonesia. Jurnal Manajeme Teknologi. 11 (2): 225-238

Barret, CB dan Li, JR. 2002. Distinguishing between Equilibrium and Integration in Spatial Price Analysis. Am J. Agric Econ. 84: 292-307

Goletti, F., Ahmed R., Farid N. 1995. Structural Determinant of Market Integration: the Case Study of Rice in Bangladesh. Dev Econ. 33 (22): 185-202

Kustiari, Reni., Wahyuning K. S., dan Riva Y. 2018. Integrasi Pasar dan Pembentukan Harga Cabai Merah di Indonesia. Jurnal Agro Ekonomi. 36 (1): 39-53

Sexton, RJ., Sheldon IM., McCorriston S., Wang H. 2004. Analyzing Vertical Market Structure and its Implications for Trade Liberalization. AAEA Annual Meetings; 2004 June; Denver, Colorado, United States of America

Simbolon, J.S.C. 2005. Analisis Integrasi Pasar Beras Domestik dengan Pasar Beras Dunia. [Skripsi Sarjana]. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor

2 Likes