Apa yang dimaksud dengan Intan?

Intan (diamond) adalah mineral yang langka, yang terjadi secara alamiah dan terdiri dari unsur karbon. Setiap atom karbon dalam intan dikelilingi oleh empat atom karbon yang saling terhubung dengan suatu ikatan kovalen yang kuat. Intan adalah mineral sederhana, seragam, dan terkenal sangat kuat.

Intan sangat menarik, dikarenakan ikatan kimianya yang alami membuat mineral ini sangat resisten. Sifat resisten ini membuatnya cocok digunakan sebagai alat pemotong dan untuk keperluan lainnya dimana daya tahan/kekuatan material diperlukan.

image
Gambar 1 Sifat fisik Intan

Mineral intan juga memiliki sifat optik yang khusus, seperti indeks refraksi yang tinggi, dispersi tinggi, dan kilau tinggi. sifat ini membuat intan dijadikan batu permata yang paling populer di dunia yang sering disebut sebagai berlian.

Berlian adalah intan yang sudah diproses dengan cara penggosokan dan telah dibentuk sesuai dengan kaidah-kaidah pemotongan (cutting), dan telah siap untuk dijadikan perhiasan kalung, gelang, cincin, bross, dan lain-lain.

image
Gambar 2 Berlian

Pasti semua sudah tahu apa intan itu. Intan adalah salah satu bentuk isotop dari karbon dengan struktur geometri tetrahedral (sp3). Dalam keadaan murninya, intan tersusun atas atom-atom karbon yang saling berikatan sehingga terbentuklah jaringan kovalen raksasa. Setiap satuan kristalnya membentuk kisi face–centered cubic . Hal yang cukup menarik, meskipun intan merupakan salah satu mineral yang sangat kuat (Skala Mohs 10), mineral ini justru lebih tidak stabil dibandingkan dengan grafit secara termodinamika.

Manfaat Intan

Sifat fisik dan kimia yang unik dari intan membuatnya cukup banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kekerasan, refraksi, dispersi, dan kilau yang tinggi serta keterdapatannya di permukaan, membuat intan menjadi mineral yang bernilai ekonomis dan sangat langka. Kebanyakan harga intan yang sudah diolah ditentukan dari kualitasnya seperti warna, cara pemotongan (cut), clarity, dan karat.

Intan banyak digunakan sebagai perhiasan (kalung, gelang, cincin, dsb), alat pemotong (gergaji, alat gerinda), dan mata bor (bit) pada beberapa mesin pengeboran. Selain itu intan juga dapat digunakan sebagai membran (selaput) penutup pada mesin x-ray, selaput getar pada speaker, konduktivitas mikroelektronik, dan microbearing pada jarum jam tangan.


Gambar 3 Pisau pemotong kaca dari intan

Referensi:


majalah1000guru.net