Apa yang dimaksud dengan Inspirasi?

Inspirasi

Pengertian inspirasi adalah suatu proses yang mendorong atau merangsang pikiran untuk melakukan sesuatu tindakan terutama melakukan sesuatu yang kreatif. Inspirasi merupakan suatu proses dimana mental dirangsang untuk melakukan tindakan setelah melihat atau mempelajari sesuatu yang ada di sekitar.

Inspirasi berbeda dengan motivasi yaitu proses yang mendorong atau mempengaruhi seseorang untuk mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkannya. Sedangkan inspirasi merupakan ide-ide kreatif yang muncul dari dalam diri setelah ada rangsangan dari luar. Namun inspirasi dapat menjadikan sebuah motivasi bagi seseorang untuk mencapai tujuannya.

Begitu banyak perbedaan diantara keduanya. Sehingga jika kita bisa mengenali perbedaan-perbedaan itu, kita akan memahami; mengapa motivasi kita sering naik dan turun.

  • Pertama, motivasi sangat ditentukan oleh siapa yang mengatakannya. Anda jarang termotivasi oleh orang yang gagal. Sebaliknya, kegagalan orang lain sering memberi kita inspirasi untuk menjadi orang yang berhasil.

  • Kedua , motivasi sangat ditentukan oleh keteladanan orang yang mengatakannya. Anda jarang termotivasi oleh seseorang yang sudah ketahuan ’sifat aslinya’. Sebaliknya, ’sifat asli’ seseorang sering memberi kita inspirasi untuk terus belajar agar lama kelamaan kita bisa menjadi manusia yang mampu menyelaraskan antara perbuatan dan perkataan.

  • Ketiga, motivasi sering dimonopoli oleh bangsa manusia. Anda jarang termotivasi oleh comberan, kotoran cicak, ataupun bau pesing toilet di terminal-terminal kendaraan. Anda juga jarang termotivasi oleh kemacetan lalu lintas, tagihan listrik, ataupun kenaikan harga barang-barang keperluan rumah tangga. Dan Anda, pasti tidak termotivasi oleh lembar laporan potongan pajak jika belum benar-benar merasakan apa manfaatnya. Sebaliknya, semua itu bisa menginspirasi kita. Untuk mencari jalan agar kehidupan kita menjadi lebih baik dari hari ke hari. Terutama karena kita yakin. Bahwa ada kehidupan lain. Setelah kematian

Saya biasa mendapatkan inspirasi dari teman-teman saya, dari orang yang saya kenal, dari kegiatan sehari-hari dan dari alam. Jika anda mau berpikir lebih tenang dan lebih dalam, anda akan mendapatkan inspirasi ini.Sedangkan motivasi biasa saya dapat dari orangtua, pemuka agama maupun quotes tokoh-tokoh dunia. Hal ini bisa membuat saya bersemangat untuk menjadi lebih baik.

Pengertian inspirasi – Kita mungkin sering mendengar kata inspirasi dalam kehidupan sehari hari, bahkan mungkin kita gunakan dalam percakapan dengan teman dan keluarga. Namun jika ditanya mengenai apa definisi inspirasi, kita mungkin kebingungan dalam menjelaskannya. Lalu apa sebenarnya arti kata inspirasi itu?

Secara umum, inspirasi diartikan sebagai sebuah hal yang muncul dari pikiran manusia atau berupa rangsangan dari luar manusia. Adanya inspirasi memberi manfaat bagi manusia sehingga membuka pikiran dalam bentuk ide atau gagasan yang baru.

Seringkali saat kita sedang kesulitan dalam menemukan ide, tiba-tiba muncul inspirasi sehingga kita mendapat ide atau gagasan yang baru. Inspirasi bisa muncul secara tiba-tiba atau dengan cara berpikir dengan lebih dalam dan lebih serius.

Inspirasi berbeda dengan motivasi. Motivasi merupakan proses yang mendorong dan mempengaruhi seseorang untuk mencapai apa yang diinginkannya. Sedangkan inspirasi merupakan ide-de kreatif yang muncul dari dalam diri setelah ada rangsangan dari luar. Inspirasi dapat dijadikan motivasi bagi seseorang untuk mencapai tujuannya.

Selama bertahun-tahun saya berpikir bahwa inspirasi dan motivasi memiliki arti yang sama. Tetapi semakin saya memikirkannya, melakukan riset, dan menjadi murid, semakin saya percaya ada perbedaan yang sangat penting.

Merriam-Webster mendefinisikan inspirasi sebagai berikut: "Sesuatu yang membuat seseorang ingin melakukan sesuatu atau yang memberi seseorang ide tentang apa yang harus dilakukan atau dibuat."

Inilah yang dikatakan untuk motivasi : "Tindakan atau proses memberi seseorang alasan untuk melakukan sesuatu."

Inspirasi lebih kepada orang yang ingin bertindak, sedangkan motivasi lebih untuk memberi orang alasan untuk bertindak. Itulah perbedaan antara menjaga dan memberdayakan, insentif atau pengaruh, pemicu kebakaran dan pemadam api.

Ada kebutuhan akan inspirasi dan motivasi. Tetapi untuk memimpin secara efektif, mengetahui perbedaan membuat perbedaan yang luar biasa.

Ketika kami mencoba memotivasi orang dengan menggunakan insentif positif, dan mungkin bahkan beberapa taktik negatif, itu menggunakan hal-hal lahiriah untuk memasuki hati di mana perubahan nyata terjadi. Ini dapat bekerja sampai batas tertentu tetapi efeknya sering bersifat sementara.

Saat kami mencoba menginspirasi orang, kami meraih hati dengan cara orang itu diubah dari dalam ke luar. Ketika orang-orang ingin berubah karena telah ada kegemparan yang mendalam di hati mereka, itu berkelanjutan dan mengarah pada semangat jangka panjang.

Dengan motivasi, saya mencari alasan untuk menjadi saya yang lebih baik untuk memaksimalkan kinerja. Dengan inspirasi, saya memahami siapa saya dan, sebagai produk sampingan alami, saya dapat mencapai hal-hal yang saya tidak pernah pikirkan adalah mungkin.

Inspirasi (inspire) berasal dari bahasa Latin inspirare, yang menggabungkan awalan in atau into kedalam kata spirare. Spirare sendiri mempunyai arti bernafas.

Inspirasi didefinisikan sebagai “pernafasan atau pemasukan ide, tujuan, dan lain sebagainya ke dalam pikiran; sugesti, atau penciptaan perasaan atau dorongan pada sesuatu hal yang mulia” (Oxford English Dictionary).

Dengan berjalannya waktu, kata inspirasi memainkan peran penting dalam proses kreatif seorang penulis, seniman, dan orang-orang yang bergerak di bidang kreatif lainnya.