Apa yang dimaksud dengan Infused Oil?

minyak

Menurut Ellis (2014 ), Infused oil merupakan jenis minyak yang didalamnya terdapat senyawa aktif yang berasal dari tanaman herbal.

Apa yang dimaksud dengan Infused Oil?

1 Like

Infused oil digunakan untuk kebutuhan pangan dan obat-obatan dan bisa juga digunakan untuk bahan baku pembuatan lotion dan salep. Infused oil didapatkan dengan cara yang sederhana yaitu dengan merendam tanaman herbal di dalam minyak.

Terdapat dua metode yang biasanya digunakan dalam melakukan infused oil yakni metode cold infusions (infus dingin) dan heat infusion (infus panas).

  1. Cold Infusions
    Cold infusions atau infus dingin merupakan metode infused oil dimana bahan herbal direndam di dalam minyak pada suhu ruangan. Biasanya pada infus dingin ini menggunakan alat seperti gelas kaca yang terdapat tutupnya. Infus dingin ini dilakukan selama 6 minggu atau lebih. Bahan herbal yang direndam dipastikan terrendam oleh minyak seluruhnya agar proses difusi berjalan secara maksimal. Beberapa hal yang harus dilakukan selama proses infus dingin ini yakni memastikan tidak adanya gelembuang udara, ketengikan dan jamur.

  2. Heat Infusions
    Heat infusions atau infus panas merupakan cara infus dengan bantuan suhu panas. Penambahan suhu panas dimaksudkan untuk mempercepat waktu dalam pembuatan infused oil . Terdapat beberapa metode yang termasuk ke dalam heat infusions , yaitu :

    • Solar Method, pada metode infus ini bahan herbal ditempatkan pada botol kaca yang berwarna gelap yang ditempatkan ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Metode ini memiliki kekurangan yakni resiko ketengikan yang lebih cepat dibandingkan dengan infus digin.

    • Stove Top Method, pada metode infus ini dilakukan dengan cara memasak bahan herbal diatas kompor dengan menggunakan api yang kecil selama dua jam agar tidak terjadi overheat .

    • Oven Method, pada metode infus ini bahan herlam direndam dengan minyak menggunakan wadah dan menaruhnya didalam oven selama 2 sampai 24 jam dengan suhu terrendah.

    • Crockpot Method, pada metode infus ini bahan herbal direndam dalam minyak menggunakan slowcooker . Indikator pengaturan pada slowcooker di setting pada indikator warm . Waktu infus pada metode ini minimal 2 sampai 24 jam.

1 Like