Apa yang dimaksud dengan Infant Industry Argument?

Pelaksanaan pembangunan ekonomi di negaranegara yang sedang berkembang seperti halnya Indonesia banyak ber-landaskan pada infant industry argument. Apa yang dimaksud dengan Infant Industry Argument?

Pelaksanaan pembangunan ekonomi di negaranegara yang sedang berkembang seperti halnya Indonesia banyak ber-landaskan pada infant industry argument. Infant industy argument adalah suatu kebijaksanaan untuk melindungi industriindustri dalam negeri yang barulahir/tumbuh dengan "proteksiedukatif’, sehingga dapat bersaing baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Steven M. Suranovic, ekonom dari George Washington University, mengemukakan bahwa menurut argumen infant industry proteksi diperlukan untuk industri kecil yang baru tumbuh terutama di negara yang sedang berkembang (less developed countries). Industri yang baru dibangun belum memiliki kemampuan yang memadai untuk berkompetisi secara frontal dengan industri mapan dari negara-negara yang sudah maju. Industri negara maju sudah berada di jalur bisnisnya dalam waktu yang sudah lama dan sudah mampu melakukan efisiensi dalam proses-proses produksinya. Mereka mempunyai informasi dan pengetahuan yang cukup tentang optimisasi proses produksi, situasi dan karateristik pasar, serta kondisi pasar tenaga kerja sehingga mereka mampu menjual produk yang berharga murah di pasar internasional tetapi masih tetap bisa menghasilkan keuntungan yang memadai.

Referensi

Apridar. 2007. Ekonomi Internasional. Universitas Malikussaleh Press .