Apa yang dimaksud dengan Income Elasticity of Demand?

Income Elasticity of Demand

Income Elasticity of Demand adalah pengukuran sensitivitas permintaan barang atau jasa tertentu terhadap perubahan tingkat pendapatan. Hal ini biasanya dinyatakan sebagai persentase perubahan permintaan barang dibagi persentase perubahan pendapatan.

Referensi

Black, John. (1997). Dictionary of Economics-Oxford University Press. New York: Oxford University Press

Definisi Income Elasticity of Demand

Elastisitas pendapatan atas permintaan (Ingris, Income Elasticity of Demand) mengukur hubungan antara pendapatan konsumen dan permintaan untuk barang tertentu. Hubungan tersebut bisa jadi positif atau negatif, atau bahkan tidak responsif untuk produk tertentu.

Pendapatan konsumen dan permintaan produk terkait langsung satu sama lain. Semakin tinggi elastisitas pendapatan dari permintaan secara absolut untuk barang tertentu, semakin besar respons konsumen dalam kebiasaan pembelian mereka. Perusahaan biasanya mengevaluasi elastisitas pendapatan atas permintaan produk mereka untuk membantu memprediksi dampak siklus bisnis pada penjualan produk.

Tipe Income Elasticity of Demand

Ada tiga jenis elastisitas pendapatan atas permintaan, diantaranya:

  1. Elastisitas pendapatan yang positif atas permintaan

Ini mengacu pada kondisi permintaan akan barang tertentu meningkat sejalan dengan kenaikan pendapatan konsumen. Sebaliknya, permintaan menurun dengan penurunan pendapatan konsumen. Barang dengan elastisitas pendapatan terhadap permintaan yang positif adalah barang normal. Contoh barang dan jasa kebutuhan termasuk produk tembakau, potong rambut, air, dan listrik. Berikut adalah kurva yang menggambarkannya.

image

Kemiringan ke atas menyiratkan bahwa kenaikan pendapatan berkontribusi pada peningkatan permintaan dan sebaliknya. Ada tiga bentuk elastisitas pendapatan positif atasa permintaan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Unitary, yaitu elastisitas pendapatan positif atas permintaan akan menjadi kesatuan jika perubahan proporsional dalam jumlah produk yang diminta sama dengan perubahan pendapatan konsumen dalam proporsi yang seharusnya.
  • More than unitary, yaitu elastisitas pendapatan positif atas permintaan akan lebih dari kesatuan jika perubahan proporsional dalam jumlah produk yang diminta lebih tinggi daripada perubahan pendapatan konsumen pada proporsi yang seharusnya.
  • Less than unitary, yaitu jika perubahan dalam jumlah produk yang diminta dalam proporsi yang tepat lebih kecil dari perubahan pendapatan konsumen dalam proporsi yang seharusnya, elastisitas pendapatan positif dari permintaan akan kurang dari kesatuan.
  1. Elastisitas pendapatan negatif atas permintaan

Ini mengacu pada suatu kondisi dimana permintaan akan barang tertentu menurun sejalan dengan kenaikan pendapatan konsumen dan sebaliknya meningkat dengan penurunan pendapatan konsumen. Barang inferior adalah barang dengan elastisitas pendapatan negatif atas permintaan. Misalnya, permintaan sepatu di pasar tradisional akan menurun jika pendapatan konsumen meningkat karena mereka lebih memilih untuk membeli sepatu di mall. Berikut adalah kurva yang menggambarkan kondisi ini.

image

  1. Tidak ada elastisitas pendapatan atas permintaan

Hal tersebut sesuai dengan keadaan dimana tidak ada dampak peningkatan pendapatan rumahtangga terhadap produksi komoditas. Barang semacam itu disebut barang esensial. Misalnya, konsumen berpenghasilan tinggi dan konsumen berpenghasilan rendah akan membutuhkan garam dalam jumlah yang sama.

Perhitungan Income Elasticity of Demand

Elastisitas pendapatan atas permintaan dihitung dengan mengambil perubahan negatif 50% dalam permintaan. Formula yang dilakukan untuk menghtung Income Elasticity of Demand adalah sebagai berikut.

El = Persentase perubahan jumlah barang yang diminta / persentase perubahan pendapatan

Keterangan:
El > 0 artinya barang tersebut adalah barang normal
El < 0 artinya barang tersebut adalah barang inferior.

Penggunaan Income Elasticity of Demand

  1. Permintaan peramalan
    Ini berlaku untuk gagasan bahwa elastisitas pendapatan atas permintaan cenderung memprediksi permintaan komoditas di masa depan. Jika ada perubahan substansial dalam upah, perubahan permintaan produk juga akan signifikan. Ini karena ketika pembeli menyadari adanya pergeseran pendapatan, mereka akan mengubah preferensi dan ekspektasi mereka untuk produk semacam itu.

  2. Keputusan investasi
    Gagasan pendapatan nasional sangat penting bagi bisnis karena membantu mereka memutuskan di sektor mana mereka harus menginvestasikan uang mereka. Secara umum, investor cenderung berinvestasi di pasar di mana mereka dapat memprediksi bahwa permintaan komoditas terkait dengan pertumbuhan pendapatan nasional.

Sumber

Income Elasticity of Demand - Overview, Measurement, Types diakses pada 13-April-2021, 10.14 WIB