Apa yang dimaksud dengan Idiosinkratik atau Idiosyncratic?

Idiosinkratik atau idiosyncratic

Idiosinkratik atau idiosyncratic berarti khas untuk individu atau suatu hal tertentu.

Dalam proses pengambilan keputusan terdapat faktor psikologis atau disebut idiosinkratik yang memengaruhi kebijakan yang dapat diambil oleh pengambil kebijakan. Faktor idiosinkratik yang di ambil dari model Margaret Herman.

Idiosyncratic atau idiosinkratik adalah gabungan dari kata ideology dan syncratic. Ideologi menurut Anthonio Gramsci adalah kerangka atau paradigma analisis untuk memahami dan menyelesaikan masalah dan yang dimaksud dengan syncratic adalah perpaduan semua yang baik dari semua yang ada.

Untuk idiosinkratik dapat digunakan dalam analisa politik luar negeri suatu negara bila pengaruh yang dihasilkan oleh seorang individu dalam pembuat kebijakan yang terpusat.

Konsep idiosinkratik berkenaan dengan persepsi, image, dan karakteristik pribadi si pembuat kebijakan. Kondisi- kondisi tersebut sangat memengaruhi karakteristik psikologi terutama para pemimpin. Pengalaman semasa kecil hingga dewasa, pengaruh lingkungan hidup, ataupun keluarga secara tidak langsung membentuk karakteristik kepribadian si individu dan akhirnya memengaruhi si individu dalam mengambil keputusan.

Kondisi dari idiosinkratik sendiri nampaknya akan lebih besar ketika keputusan-keputusan yang dihasilkan bersifat pragmatis. Bentuk negara tentunya memegang peran penting karena akan memperlihatkan bagaimana pemimpin suatu negara mengambil keputusan. Hal ini terlihat apakah pengambilan keputusan mengumpulkan para birokrasi yang berkaitan atau mengambil keputusan secara sepihak.