Apa yang dimaksud dengan Ideologi Peran Gender?

Ideologi Peran Gender adalah konsepsi tentang apa yang seharusnya menjadi peran gender yang mungkin berbeda dari perilaku peran gender. Ideologi peran gender bervariasi di sepanjang dimensi yang berkisar dari tradisional hingga egaliter.

Mereka yang memiliki ideologi peran gender tradisional percaya bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kodrat dan kemampuan yang berbeda sehingga harus memiliki penampilan dan perilaku yang berbeda. Baik perempuan maupun laki-laki mungkin memegang ideologi gender tradisional, tetapi laki-laki lebih cenderung melakukannya daripada perempuan.

Mereka yang memiliki ideologi peran gender egaliter percaya bahwa pria dan wanita harus diperlakukan sama. Orang-orang dengan ideologi ini mungkin memiliki keyakinan yang berbeda-beda tentang sifat dasar perempuan dan laki-laki, tetapi mereka percaya bahwa baik perempuan maupun laki-laki tidak boleh didiskriminasi atau ditentang berdasarkan jenis kelamin mereka. Baik perempuan maupun laki-laki mungkin memegang ideologi gender egaliter, tetapi perempuan lebih cenderung egaliter daripada laki-laki.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology