Apa yang Dimaksud dengan Identifikasi dalam Ilmu Sosiologi?


Dalam ilmu Sosiologi terdapat istilah identifikasi.

Apa yang dimaksud dengan identifikasi dalam ilmu Sosiologi?

Identifikasi merupakan kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain. Kita ingin berinteraksi dengan orang lain saat kita mengidentifi kasi diri kita dengannya, atau sebaliknya: seorang yang sangat mencintai dan terlibat perasaan dengan orang lain biasanya akan mengidentifi kasi dirinya dengan orang lain itu.

Lihatlah bagaimana seorang anak muda yang mengidolakan (mengagumi) idola artis-selebritisnya, ia ingin menjadikan dirinya sama dalam hal pilihan dan tingkah laku, mulai dari penampilan fi sik seperti para pengagum Michael Jackson yang merekayasa penampilan dirinya mirip sang bintang hingga menyamakan warna kesukaan, makanan favorit, merek handphone, dan lain-lain.

Dalam pandangan Sigmund Freud (psikoanalisis), proses identifikasi ini adalah gejala yang nyata. Seorang anak belajar norma-norma sosial dari orangtuanya. Anak itu belajar menyadari bahwa dalam kehidupan terdapat norma-norma dan peraturanperaturan yang sebaiknya dipenuhi dan ia pun mempelajarinya, yaitu dengan dua cara utama.

Pertama, ia mempelajarinya karena didikan orangtuanya yang menghargai tingkah laku wajar yang memenuhi cita-cita tertentu dan menghukum tingkah laku yang melanggar norma-normanya. Lambat laun, anak itu memperoleh pengetahuan mengenai apa yang disebut perbuatan yang baik dan apa yang disebut perbuatan yang tidak baik melalui didikan orangtuanya.

Susah menjadi watak alam bawah sadar manusia bahwa ketika ia masih kekurangan akan norma-norma, sikap-sikap, cita-cita, atau pedoman-pedoman tingkah laku dalam bermacam-macam situasi dalam kehidupannya, mereka akan mengidentifi kasi diri pada orangorang yang dianggapnya tokoh pada lapangan kehidupan tempat ia masih kekurangan pegangan. Ikatan yang terjadi antara orang yang mengidentifi kasi dan orang tempat identifi kasi merupakan ikatan batin yang lebih mendalam daripada ikatan antara orang yang saling mengimitasi tingkah lakunya.