Apa yang dimaksud dengan Hukum Gerak Kapitalisme ?

kapitalisme

(Lia Permata Sari) #1

Sistem ekonomi kapitalis

Sistem ekonomi kapitalis adalah suatu sistem yang memberikan kebebasan yang cukup besar bagi pelaku-pelaku ekonomi untuk melakukan kegiatan yang terbaik bagi kepentingan individual atas sumberdaya-sumberdaya ekonomi atau faktor-faktor produksi.

Apa yang dimaksud dengan Hukum Gerak Kapitalisme ?


(Zahrah Yuan Nisaka) #2

Modus produksi kapitalis yang berkembang berdasarkan hukum gerak kapitalisme. Menurut Mandel (2006), hukum gerak kapitalisme adalah sebagai berikut :

  1. Konsentrasi dan sentralisasi kapital dalam kompetisi ikan yang besar menelan ikan yang kecil, perusahaan-perusahaan yang besar mengalahkan yang kecil, yang memiliki sedikit alat yang tidak memperoleh keuntungan dari kemajuan produksi massal, dan tidak dapat menggunakan teknik- teknik yang paling maju dan mahal. Pada waktu yang sama, banyak perusahaan yang hancur oleh kompetisi di serap oleh pesaing mereka yang menang (sentralisasi kapital).

  2. Proletarisasi progresif terhadap populasi pekerja. Sentralisasi kapital membuat jumlah bos-bos kecil yang bekerja atas usaha sediri setiap waktu dihancurkan. Lebih lagi konsentrasi kapital berarti bahwa biaya mendirikan bisnis meningkat secara terus menerus, dan menghalangi mayoritas bourjuis kecil dan seluruh kelas pekerja dari akses kepemilikan industri dan perusahaan komersial yang besar.

  3. Pertumbuhan komposisi organik kapital. Fungsi kapital dibagi menjadi dua yaitu;

    1. untuk membeli mesin, bangunan, dan bahan baku. Nilainya tetap sama selama proses produksi, nilai kapital hanya dipertahankan tenaga kerja. Hal ini disebut kapital konstan.
    1. Membeli tenaga kerja untuk membayar upah. Marx menyebutnya kapital variabel.
  4. Jika komposisi organik kapital meningkat, keuntungan akan cenderung meningkat. Selain itu, adanya peningkatan nilai lebih dengan kenaikan angka eksploitasi pekerja upahan.

  5. Sosialisasi objektif dari produktif. Seiring dengan berkembangnya sistem kapitalis, ikatan teknik dan sosial saling ketergantungan dan berkembang diantara perusahaan dan sektor industri terus bertambah.

Hukum gerak kapitalisme mengindikasikan bahwa esensi bisnis adalah memperoleh keuntungan, yaitu melalui konsentrasi dan sentralisasi kapital.