Apa yang dimaksud dengan hub atau concentrator?

Banyak sekali perangkat keras yang digunakan dalam sebuah jaringan, salah satunya ialah hub atau concentrator. Apa itu hub dan apa fungsi dari alat tersebut dalam sebuah jaringan?

Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link.

Port yang tersedia biasanya sampai 8, 16, 24 atau lebih banyak sesuai kebutuhan Anda. Untuk kecepatan, Anda dapat menggunakan HUB 10 atau Switch 10/100. Sebaiknya menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal 10 atau 100. Hub ada yang mendukung pemggunaan kabel coax yang menukung topologi BUS dan UTP yang mendukung topologi STAR. Namun type terbaru cenderung hanya menyediakan dukungan untuk penggunaan kabel UTP.

Hub pada dasarnya adalah sebuah pemisah sinyal (signal splitter). Ketika ada saru paket yang masuk ke saru port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yang sama dan semua komputer yang tersambuh di hub yang sama dapat membaca paket tersebut.

Setiap host yang tersambung ke hub akan melihat paet ini tapi hanya host yang ditujukan saja yang akan memrosesnya. Ini dapat menyebabkan masalah network traffic karena paket yang ditujukan ke satu host sebenarnya dikirimkan ke semua host.

Ada 5 fungsi dari Hub atau concentrator, yaitu :
• Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation
• Menambah jarak network (fungsi sebagai repeater)
• Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda (Ethernet, Toket ring, FDDI)
• Menawarkan feature yang fault tolerance (Isolasi Kerusakan)
• Memberikan manajemen yang tersentralisasi.

Sumber

Hub merupakan perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga dia hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel UTP. HUB tdk Mengenal MAC Addressing / Physical Addressing shingga tdk bisa memilah data yg harus ditransmisikan shingga collision tdk bisa dihindari dari penggunaan HUB ini.

Fungsi HUB :

  • Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation
  • Menambah jarak network ( fungsi sebagai repeater )
  • Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda ( Ethernet, Token ring, FDDI )
  • Menawarkan featur yang fault tolerance ( Isolasi Kerusakan )
  • Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic).

Hub merupakan alat yang menjadi titik sambung perangkat elektronik dalam sebuah network. Hub juga menyambungkan bagian-bagian dari LAN, dan menyambungkan beberapa port sehingga LAN secara keseluruhan dapat melihat semua paket.

image

Hub / pusatan Ethernet adalah sebuah peranti jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel Ethernet atau serat optik agar bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment).
Hub merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jika Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu.

Fungsi Hub terdiri dari beberapa fungsi yang sangat berguna bagi sebuah sistem jaringan komputer. Berikut ini adalah beberapa fungsi hub dalam jaringan komputer :

  • Memecahkan jaringan dari server menuju komputer client atau user
    Hub akan membantu memecahkan jaringan dari satu server, menuju ke lebih dari satu komputer client yang terdapat di dalam jaringan tersebut.

  • Mentransmisikan jaringan dari server
    Setelah jaringan terpecah pada hub, maka tugas utama dari hub pun mulai terlaksana, yaitu melakukan proses transfer atau transmisi dari paket data, yang dimulai dari server menuju ke komputer host atau client.

  • Menjadi penguat sinyal transmisi paket data (pada smart hub)
    Fungsi tambahan pada hub terletak pada smart hub atau yang juga dikenal dengan nama hub aktif. Smart hub dapat memperkuat sinyal transmisi paket data dari server menuju komputer client, sehingga dapat menghindari terjadinya gangguan dan lambatnyaproses transfer data pada jaringan LAN.

Berkat adanya hub, maka akan banyak komputer yang bisa saling terhubung dengan jaringan LAN dan juga terhubung dengan server, sehingga hal ini dapat menambah kepraktisan dari pembuatan sebuah jaringan LAN.

sumber :