Apa yang dimaksud dengan Hosting pada jaringan Komputer?

jaringan_komputer

(Boru Batak) #1

Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

Dalam dunia jaringan computer sendiri ada istilah Hosting. Apa itu Hosting?


(Desyolanda Manullang (175150400111013)) #2

Hosting dapat diartikan sebagai tempat yang digunakan untuk menampung segala macam data yang diperlukan untuk membangun sebuah website. Suatu website dapat diibaratkan seperti rumah tempat kita tinggal yang dapat diisi dengan hal apapun yang kita sukai. Untuk menyewa atau membeli sebuah rumah, tentu diperlukan tanah. Ibaratnya, hosting ini adalah tanah yang diatasnya berdiri rumah milik kita sendiri. Sebuah hosting memiliki satu atau beberapa server yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi.

Hosting sendiri berfungsi sebagai

  1. Tempat Menyimpan Data
    Ibaratnya tanah sebagai hosting, semakin luas tanah yang dimiliki seseorang, semakin luas pula rumah yang bisa dibangunnya, semakin banyak barang yang bisa diisikan di atas tanah tersebut.

  2. Menjaga Agar Situs Dapat Diakses 24 Jam
    Dengan memilih hosting yang tepat, yang servernya tidak mudah down, maka setiap kali ada orang yang ingin mengakses website yang Anda miliki, orang tersebut bisa mengakses dengan lancar tanpa ada halangan apapun. Beberapa hosting terkadang memiliki kekurangan, semisal sering down dan membuat website Anda tidak dapat diakses ketika sedang ramai dan banyak orang yang mengakses website Anda.

Jenis-jenis Hosting

a. Free Hosting
Hosting ini bisa didapatkan oleh pengguna internet secara cuma-cuma. Kekurangannya, hosting gratis ini biasanya cukup terbatas kapasitas penyimpanannya, layanannya pun juga sangat terbatas dan tidak memungkinkan pengguna memiliki domain pribadi.

b. Shared Hosting
Untuk hosting berbayar, biasanya orang paling banyak menggunakan hosting dengan sistem shared, karena harganya yang cukup terjangkau. Dalam shared hosting, beberapa situs website ditempatkan dengan server yang sama dan saling berbagi sumber daya seperti RAM dan CPU.

c. Dedicated Hosting
Dedicated hosting sebetulnya hampir mirip dengan shared hosting, hanya saja satu buah server digunakan hanya untuk satu akun website saja, satu server khusus didedikasikan untuk melayani satu website. Ada dua macam dedicated hosting, yaitu Colocation (mesin atau server disediakan oleh klien sendiri yang kemudian diletakkan di pusat data penyedia hosting) dan Dedicated Server (mesin atau server disediakan oleh pihak penyedia hosting). Dengan memilih dedicated hosting, pengguna mendapatkan keuntungan berupa performa yang lebih baik dan privasi yang lebih terjaga karena tidak ada pihak lain yang ikut memakai server.

d. VPS Hosting
VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Mirip juga dengan shared hosting, namun sumber daya yang ada lebih besar, klien dapat menginstall aplikasi dan menggunakan semua sumber daya yang ada tanpa perlu berbagi dengan klien lainnya. Baik VPS Hosting atau Dedicated Hosting sangat cocok untuk website yang memiliki puluhan ribu pengunjung lebih setiap harinya.

e. Cloud Hosting
Cloud hosting merupakan jenis hosting yang terdiri dari banyak server, yang masing-masing servernya dapat berinteraksi satu sama lain dan saling terhubung untuk menjaga performa website. Dengan menggunakan cloud hosting, pengguna diuntungkan dengan tidak perlu adanya khawatir terjadinya ketidakstabilan pada server atau keterbatasan sumber daya

Sumber : http://www.nesabamedia.com/pengertian-hosting-dan-fungsi-hosting/


(Raja Anggara Putra) #3

Layanan hosting merupakan sebuah layanan yang dikenal dapat mempermudah pengelolaan website secara optimal dan membantu setiap kegiatan yang berhubungan dengan media digital menjadi lebih mudah, baik untuk tujuan bisnis ataupun yang sifatnya individual. Karena memiliki manfaat yang amat berguna bagi berbagai kalangan pengelola website, layanan web hosting Indonesia semakin hari semakin bermunculan dengan paket hosting yang beraneka macam. Setiap paket yang ditawarkan tentu dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan dari masing-masing pelanggan.

Dan berikut ini beberapa manfaat yang perlu anda kenali dari penggunaan layanan web hosting, diantaranya yaitu :

  • Mengontrol dan mengatur setiap fitur website dengan mudah.
  • Mengupload konten file, gambar dan lain sebagainya.
  • Memfasilitasi media penyimpanan untuk berbagai jenis data yang praktis, aman dan lebih hemat.
  • Menyiasati penggunaan media kertas dan menggantinya secara keseluruhan menggunakan media digital.
  • Mengamati perkembangan statistik traffic pengunjung website dengan akurat.

(Tevepedia) #4

Setahu saya bukan hosting tapi host untuk istilah dijaringan. Host itu ya PC/Laptop/Smart Devices.
Sedangkan kalau hosting dalam istilah internet berarti tempat menyimpan file-file dan juga tempat layanan server berada, bahasa gaulnya servernya.